Defisit Kalori: Cara Efektif untuk Mencapai Penurunan Berat Badan yang Sehat

- Pewarta

Jumat, 24 Februari 2023 - 00:14 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Defisit kalori adalah kondisi di mana tubuh Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang Anda bakar setiap hari. Hal ini diperlukan untuk mencapai penurunan berat badan, karena tubuh Anda akan mulai membakar lemak untuk memenuhi kebutuhan energinya yang tidak tercukupi dari makanan yang dikonsumsi.

Defisit kalori adalah kunci untuk mencapai penurunan berat badan yang sehat, dan cara termudah untuk mencapainya adalah dengan mengurangi asupan kalori Anda.

Penting untuk dicatat bahwa defisit kalori tidak sama dengan kelaparan atau diet yang ekstrem. Defisit kalori yang sehat seharusnya tidak lebih dari 500-1000 kalori per hari, tergantung pada berat badan dan tingkat kegiatan fisik Anda. Mengurangi asupan kalori lebih dari itu dapat menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi dan membahayakan kesehatan Anda.

ads

Ada beberapa cara untuk mencapai defisit kalori, yaitu:

1. Mengurangi asupan kalori

Ini adalah cara paling umum dan sederhana untuk mencapai defisit kalori. Anda dapat mengurangi jumlah porsi makanan Anda, memilih makanan yang lebih rendah kalori, atau menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula.

2. Meningkatkan aktivitas fisik

Aktivitas fisik adalah cara yang efektif untuk membakar kalori dan mencapai defisit kalori. Anda dapat berolahraga secara teratur, berjalan kaki lebih banyak, atau bahkan memilih untuk berdiri daripada duduk.

3. Kombinasi antara mengurangi asupan kalori dan meningkatkan aktivitas fisik

Menggabungkan kedua cara di atas dapat meningkatkan efektivitas defisit kalori. Dengan cara ini, Anda tidak hanya mengurangi asupan kalori Anda tetapi juga membakar lebih banyak kalori melalui aktivitas fisik.

Namun, mencapai defisit kalori yang sehat bukanlah proses yang instan atau mudah. Dibutuhkan usaha dan konsistensi untuk mencapai hasil yang diinginkan. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mencapai defisit kalori yang sehat:

1. Perlahan-lahan mengurangi asupan kalori

Mengurangi asupan kalori secara drastis dapat memicu rasa lapar yang berlebihan dan sulit untuk dipertahankan dalam jangka panjang. Alih-alih, coba kurangi sedikit demi sedikit asupan kalori Anda dalam beberapa minggu, sehingga tubuh Anda dapat beradaptasi secara bertahap.

2. Fokus pada makanan yang sehat

Mengurangi asupan kalori bukan berarti Anda harus mengorbankan kesehatan Anda. Cobalah untuk memilih makanan yang sehat, seperti buah-buahan, sayuran, protein, dan karbohidrat kompleks. Makanan ini dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

3. Berolahraga secara teratur

Olahraga dapat membantu anda membakar kalori dan meningkatkan metabolisme Anda, yang dapat membantu Anda mencapai defisit kalori. Pilihlah jenis olahraga yang Anda nikmati dan bisa Anda lakukan secara teratur, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda, atau bahkan yoga.

4. Pantau asupan kalori Anda

Mengetahui berapa banyak kalori yang Anda konsumsi setiap hari dapat membantu Anda mencapai defisit kalori. Gunakan aplikasi atau jurnal makanan untuk mencatat asupan kalori Anda dan memastikan bahwa Anda tidak melebihi target defisit kalori Anda.

5. Tetap terhidrasi

Minum air yang cukup dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan membantu tubuh Anda membakar kalori dengan lebih efektif. Cobalah untuk minum setidaknya 8 gelas air per hari dan hindari minuman manis dan beralkohol yang dapat meningkatkan asupan kalori Anda.

6. Hindari diet yang ekstrem

Mencapai defisit kalori yang sehat bukan berarti Anda harus membatasi makanan Anda secara drastis atau menghindari jenis makanan tertentu. Cobalah untuk mengurangi asupan kalori Anda secara bertahap dan jangan membatasi jenis makanan yang sehat dan bergizi.

Defisit kalori yang sehat dan konsisten dapat membantu Anda mencapai penurunan berat badan yang sehat dan bertahan dalam jangka panjang. Namun, penting untuk diingat bahwa penurunan berat badan yang terlalu cepat atau drastis dapat membahayakan kesehatan Anda dan sulit dipertahankan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, penting untuk mencapai defisit kalori yang sehat dan berkelanjutan dengan mengurangi asupan kalori secara bertahap, meningkatkan aktivitas fisik, dan memilih makanan yang sehat dan bergizi.

Berita Terkait

Tambah Cuan, Ini 10 Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan Freelance 2024
Jelajahi Dunia Bisnis melalui ‘Startup Safari’ dengan Co-Founder & CEO HOLEO, Andre Husada
12 Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Terbaik
Harga Stick Xbox Original Terbaru 2023 di Indonesia
Berikut 8 Jenis Tanaman Kesehatan yang Bermanfaat bagi Kesehatan, Termasuk Sambiloto dan Lidah Mertua
Luxury Skincare Beauty Boutiques dari London, ÉLÉVATIONE Melebarkan Sayap Bisnisnya di Jakarta dan Surabaya
Review Rice Cooker Philips HD4515 Lengkap dengan Fiturnya
Tips Memilih Busana Muslim Casual yang Wajib Dicoba
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:37 WIB

PengadiIlan Negeri Jaksel Benarkan Prsenter Ternama Ruben Onsu Akhirnya Gugat Cerai Sarwendah

Kamis, 23 Mei 2024 - 10:48 WIB

Polsi Serahkan 11 Tersangka Kasus Rumah Produksi Film Porno ke Kejari Jaksel: Salah Satunya Siskaee

Rabu, 22 Mei 2024 - 16:22 WIB

Jelajahi Dunia Bisnis melalui ‘Startup Safari’ dengan Co-Founder & CEO HOLEO, Andre Husada

Selasa, 21 Mei 2024 - 08:03 WIB

Ajak untuk Tak Buang Sampah Sembarangan, Ini Pesan Duta Komunikasi World Water Forum ke-10 Cinta Laura

Kamis, 16 Mei 2024 - 09:43 WIB

Ajak Teman dan Keluarga ke Festival Lagu Laguan 2024!

Sabtu, 11 Mei 2024 - 15:37 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Resepsi Pernikahan Pasangan Penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja

Kamis, 4 April 2024 - 08:11 WIB

Kejaksaan Agung Tanggapi Beredarnya Kabar Terkait 2 Artis Terkenal Terseret Kasus Korupsi Timah

Kamis, 28 Maret 2024 - 20:16 WIB

Line Up HeyFest! 2024: Tiket Sudah Tersedia, Jangan Sampai Ketinggalan!

Berita Terbaru