Tips Aman Mengendarai Mobil Jarak Jauh Bagi Perempuan

Avatar photo

- Pewarta

Selasa, 12 Juli 2022 - 14:30 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tips perjalanan jauh naik mobil bagi perempuan. (Pexels.com/Peter Fazekas)

Tips perjalanan jauh naik mobil bagi perempuan. (Pexels.com/Peter Fazekas)

FEMME – Libur sekolah sudah tiba. Sebagian orang tua memiliki jadwal untuk mengajak buah hati menghabiskan waktu libur di luar kota menggunakan mobil.

Karena jaraknya yang jauh, butuh persiapan yang matang mulai dari kondisi fisik hingga kendaraan yang digunakan. Agar aman dan nyaman, berikut ini adalah tips perjalanan jauh naik mobil bagi perempuan.

1.   Siapkan Tubuh yang Sehat

ads

Tips perjalanan jauh naik mobil bagi perempuan yang pertama adalah menyiapkan kondisi tubuh yang sehat dan prima. Pasalnya, mengemudikan mobil untuk perjalanan jauh dapat membuat tubuh cepat lelah dan mengantuk. Jika sudah demikian, risiko kecelakaan semakin besar.

Sebelum melakukan perjalanan jauh sebaiknya istirahatkan tubuh lebih dulu dengan jangan bergadang, mengonsumsi makanan yang sehat serta olahraga yang cukup.

2.   Cek Kondisi Mobil

Selain menyiapkan tubuh yang sehat, jangan lupa untuk memeriksa kondisi mobil.

Ini penting supaya perjalanan jauh Anda tidak terganggu dengan hal-hal seperti mobil mogok dan lain-lain.

Sebelum bepergian jauh, sebaiknya cek sejumlah komponen di mobil Anda seperti air radiator, filter dan selang bensin, busi dan oli mesin, kipas pendingin mesin atau AC, aki, timing belt, rem mobil, saringan udara, lampu, wiper, dan kondisi ban termasuk ban cadangan. Jika tidak sempat memeriksa itu semua, bawalah mobil Anda ke bengkel mobil terpercaya.

3.   Rute Perjalanan yang akan Dilalui

Tips perjalanan jauh naik mobil yang aman dan nyaman berikutnya yakni menyiapkan rute perjalanan yang akan dilalui. Dengan menentukan jalur mana saja yang akan dilewati membuat pengemudi tidak membuang-buang waktu untuk mencari jalur perjalanan menuju tujuan.

Menentukan rute perjalanan juga bisa memanfaatkan aplikasi penentu arah. Namun, jangan terlalu percaya terhadap aplikasi tersebut karena bisa saja mobil Anda di bawa ke jalur yang salah.

4.   Siapkan Bahan Bakar

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan bahan bakar mobil sudah terisi penuh. Jangan sampai mengisi bahan bakar menjadi penghambat perjalanan karena harus mengantri di pom bensin yang tentunya membuang-buang waktu.

Gunakan bahan bakar berkualitas baik supaya mesin mobil tetap awet dan performanya selalu maksimal.

5.   Bawa Barang Seperlunya

Biasanya saat ingin bepergian jauh, orang akan menyiapkan beberapa barang keperluan yang paling sering dipakai. Misalnya obat-obatan, perlengkapan bayi dan anak, serta barang elektronik seperti power bank.

Barang-barang tersebut wajib kamu letakkan atau rapikan di tempat yang mudah terlihat, sehingga saat ingin memakainya kamu tidak kewalahan mencari.

6.   Bawa Makanan Sendiri

Karena pandemi Covid-19 belum usai, disarankan untuk tidak membeli makanan di luar. Hal ini lantaran kita tidak tahu apakah makanan tersebut bersih atau sudah terkena kotoran. Belum lagi harga makanannya yang belum jelas.

Nah, lebih baik membawa makanan atau bekal dari rumah. Selain higienis dan terjaga kebersihannya, membawa makanan dari rumah juga bisa membuat kantong lebih irit.

7.   Istirahat Minimal 2 Jam

Portal berita ini menerima konten video dengan durasi maksimal 30 detik (ukuran dan format video untuk plaftform Youtube atau Dailymotion) dengan teks narasi maksimal 15 paragraf. Kirim lewat WA Center: 085315557788.

Jika perjalanan yang dilakukan memakan waktu lebih dari 5 jam, maka lakukan jeda di sela-sela perjalanan seperti istirahat setiap 2 jam. Istirahatkan tubuh minimal 15-30 menit. Berbeda dengan laki-laki, tubuh perempuan rentan lelah dan membutuhkan banyak istirahat dan asupan gizi yang seimbang.

Selain mengembalikan kesegaran dan fokus pengemudi, istirahat juga bertujuan untuk mendinginkan mesin kendaraan. Sehingga tidak ada salahnya untuk memasukkan istirahat ke dalam tips aman perjalanan jauh dengan mobil.

8.   Berkendara Secara Aman

Salah satu hal yang wajib diperhatikan pengemudi yakni berkendara secara aman. Jaga jarak mobil apabila melalui jalan bebas hambatan atau tol. Pastikan kecepatan mobil sesuai dengan rambu-rambu yang berlaku agar keselamatan penumpang terjaga.

9.   Putar Musik dan Lagu Kesukaan

Perjalanan jauh biasanya membuat pengemudi maupun penumpang merasa bosan, karena terus berada di dalam mobil. Kondisi ini tentu tidak baik dan membuat perjalanan jadi tidak menyenangkan.

Maka itu, adanya musik atau hiburan lain seperti podcast bisa menghidupkan kembali suasana liburan. Anda dan keluarga bisa saling mengobrol sambil berbagi tawa bersama. Momen ini sangat berharga dan sangat disayangkan bila dilewatkan.

10. Hindari Melakukan Perjalanan Malam Hari

Sebagian orang suka bepergian jauh saat malam hari karena suasananya sejuk dan tidak banyak pengemudi lainnya. Namun di satu sisi, mengemudi di malam hari juga mempunyai risiko yang cukup besar apalagi bagi seorang perempuan misalnya seperti jalanan yang sepi hingga suhu udara yang dingin bisa membuat pengemudi hilang kewaspadaan.

Tak hanya itu, melakukan perjalanan jauh saat malam hari bisa menimbulkan masalah baru yang dapat menyebabkan kecelakaan. Sebisa mungkin, pilih waktu bepergian di pagi hari saja. Karena pagi hari merupakan waktu di mana orang-orang mulai beraktivitas.

Itulah beberapa tips perjalanan jauh naik mobil bagi perempuan yang bisa diterapkan. Paling penting adalah sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan kondisi mobil dalam keadaan prima seperti mengganti oli, memeriksa kaki-kaki, filter AC, perawatan eksterior hingga interior. Jangan lupa lakukan service berkala di bengkel terpercaya atau di bengkel milik Otoklix yakni OtoXpress.***

Berita Terkait

Jelajahi Dunia Bisnis melalui ‘Startup Safari’ dengan Co-Founder & CEO HOLEO, Andre Husada
12 Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Terbaik
Harga Stick Xbox Original Terbaru 2023 di Indonesia
Berikut 8 Jenis Tanaman Kesehatan yang Bermanfaat bagi Kesehatan, Termasuk Sambiloto dan Lidah Mertua
Luxury Skincare Beauty Boutiques dari London, ÉLÉVATIONE Melebarkan Sayap Bisnisnya di Jakarta dan Surabaya
Review Rice Cooker Philips HD4515 Lengkap dengan Fiturnya
Tips Memilih Busana Muslim Casual yang Wajib Dicoba
Ibu Rumah Tangga? Berikut Ide-Ide Usaha untuk Menambah Cuan
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:55 WIB

Ungkap Gaya Kepemimpinannya, Prabowo Subianto Sebut Dirinya Ingin Jadi Diri Sendiri dengan Tulus

Selasa, 14 Mei 2024 - 15:07 WIB

Bicara Soal Setiap Misi yang Dijalankan, Prabowo Subianto: Saya akan Berusaha Semaksimal Mungkin

Senin, 13 Mei 2024 - 13:09 WIB

Sebut Anak-anak adalah Masa Depan, Prabowo Tekankan Urgensi Program Makan Siang dan Susu Gratis

Jumat, 10 Mei 2024 - 22:09 WIB

LPA Kota Lubuklinggau Anugerahkan Gelar Adat kepada Wamenaker RI Afriansyah Noor

Kamis, 9 Mei 2024 - 10:10 WIB

Presiden Jokowi Perintahkan Sri Mulyani Bangun Komunikasi dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto

Sabtu, 20 April 2024 - 16:00 WIB

Kunjungi Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan, Tony Blair Ucapkan Selamat atas Pilpres: Fantastis!

Sabtu, 13 April 2024 - 11:12 WIB

Curah Hujan Tinggi di Hari Ketiga Lebaran, Ratusan Rumah Terendam Banjir di Kota Bandar Lampung

Jumat, 12 April 2024 - 09:04 WIB

Di Hari Kedua Lebaran, Prabowo Subianto Ucapkan Maaf Lahir Batin ke Rekan-rekan Media

Berita Terbaru