Connect with us

Destinasi

Ekowisata Boonpring Kembangkan Wisata Edukasi Bambu

Published

on

72 spesies bambu yang ada di Ekowisata Boonpring ditempatkan pada arboretum, atau kebun botani yang memiliki koleksi puluhan spesies bambu.

Femme.id, Malang – Destinasi wisata unggulan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Ekowisata Boonpring tengah mengembangkan wisata edukasi untuk spesies bambu yang ada di wilayah tersebut.

Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kerto Raharjo Samsul Arifin mengatakan bahwa pengembangan wisata edukasi tersebut dibidik karena memiliki potensi yang sangat besar, dalam mendukung kelangsungan ekowisata secara berkelanjutan.

“Pangsa pasar pendidikan itu tidak pernah putus, itu yang kami bidik. Saat ini, kami memiliki setidaknya 72 spesies bambu,” ujar Samsul, di Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, Senin (20/5/2019).

Boonpring, oleh masyarakat sekitar Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, diartikan sebagai kebun bambu. Namun, kata-katan “boon” sendiri juga bisa diartikan sebagai anugerah, di mana Boonpring bisa diartikan sebagai anugerah dari bambu.

Menurut Samsul, 72 spesies bambu yang ada di Ekowisata Boonpring ditempatkan pada arboretum, atau kebun botani yang memiliki koleksi puluhan spesies bambu. Dalam taman botani tersebut, tumbuhan dikoleksi dan dipelihara serta diberikan keterangan secara mendetil.

Dalam pengembangan wisata edukasi tersebut, pihak Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kerto Raharjo menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk mengidentifikasi jenis-jenis bambu yang dimiliki.

“Kami sudah bekerja sama dengan LIPI, dan mendatangkan ahli bambu di Indonesia untuk melakukan identifikasi,” ujar Samsul.

Rencananya, setelah melakukan identifikasi terkait jenis-jenis bambu yang ada di kawasan Ekowisata Boonpring tersebut, hasilnya akan dituangkan dalam sebuah buku yang bisa dijadikan bahan literasi bagi para mahasiswa.

Saat ini, proses pendataan jenis-jenis bambu yang ada di desa yang letaknya 33 kilometer dari pusat Kota Malang, Jawa Timur itu sudah mencapai 70 persen. Diharapkan, dalam waktu dekat proses pendataan itu bisa segera rampung.

“Suatu saat nanti, kami juga akan membuat ‘greenhouse’ untuk pembibitan bambu, karena masing-masing bambu itu memiliki karakteristik tersendiri. Itu akan sangat bermanfaat untuk edukasi generasi muda,” kata Samsul.

Ekowisata Boonpring merupakan salah satu destinasi wisata yang terletak di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Pemberdayaan tanah kas desa tersebut, mampu menjadi pemicu perputaran roda perekonomian bagi masyarakat sekitar.

Tercatat, pada 2017 Ekowisata Boonpring itu mampu meraup omzet sebesar Rp994 juta, dan meningkat cukup signifikan pada 2018 mencapai Rp2,8 miliar. Dari omzet tersebut, telah menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) mencapai Rp517 juta. (vic)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Destinasi

Gangwon Suguhkan Sensasi Wisata Musim Dingin di Korsel

Published

on

Gangwon terus menjalankan kegiatan promosi pariwisata mereka secara aktif serta menjaring pasar baru.

Femme.id, Jakarta – Bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja di Korea Selatan? Coba pergi ke provinsi Gangwon yang menyuguhkan sensasi liburan musim dingin, lengkap dengan pegunungan salju untuk bermain ski.

Provinsi yang berbatasan langsung dengan Korea Utara itu makin populer namanya setelah sukses menjadi tuan rumah dari Winter Olympics dan Winter Paralympics tahun 2018.

Kini, Gangwon terus menjalankan kegiatan promosi pariwisata mereka secara aktif serta menjaring pasar baru.

Terlebih lagi dengan meningkatnya tren team building di Indonesia, kebutuhan untuk wisata korporat dan kelompok juga bertumbuh, contohnya pada bulan Agustus lalu di mana Gangwon menerima sebanyak 1.300 pengunjung Indonesia dalam kegiatan wisata korporat.

Wakil Gubernur Provinsi Gangwon Jeong Man Ho dalam keterangan pers di Jakarta mengatakan bahwa Korea Selatan masih menjadi salah satu destinasi favorit masyarakat Indonesia, dilihat dari respon positif masyarakat terhadap tren Korean Wave di Asia Tenggara.

“Indonesia menjadi pasar yang sangat penting untuk kami, harapannya Gangwon dapat menjadi destinasi yang paling sering dikunjungi kedua setelah Seoul. Maka dari itu untuk liburan musim dingin mendatang, Provinsi Gangwon akan menjalankan program pemasaran yang disempurnakan untuk menarik perhatian para pelancong asal Indonesia agar semakin terdorong untuk mengunjungi dan menikmati keindahan provinsi kami,” kata Jeong Man Ho.

Travel Mart tahun ini akan memperkenalkan tiga topik utama dalam pariwisata Gangwon, yaitu penggunaan MICE post olympic, atraksi musim salju, serta konten premium kebudayaan lainnya.

Selain itu terdapat beberapa pameran menarik seperti “Pohon Harapan”, di mana pengunjung dapat menuliskan doa dan harapan pada kartu berbentuk ikan, serta photo booth “BTS Bus Stop” berlatar pantai Jumunjin, daerah di Gangwon yang menjadi foto cover salah satu album boyband terkenal asal Korea Selatan itu.

Gangwon diharapkan dapat menjadi salah satu tujuan destinasi termasuk kota-kota di dalamnya seperti Kota Gangneung,
​​​​​​Kabupaten Hongcheon dan Kabupaten Pyeongchang, serta beberapa resor ski seperti Resor Yongpyong, Taman Daemyung Vivaldi dan Taman Phoenix akan berpartisipasi dan siap memamerkan pesona musim dingin di Gangwon.

Selain atraksi permainan musim dingin, Provinsi Gangwon juga memiliki berbagai festival menarik lainnya yang tersebar di sepanjang tahun, seperti Festival Lavender Goseong di bulan Juni, Festival Budaya Pyeongchang Hyoseok di bulan September, Festival Jeongseon Arirang pada bulan Oktober dan Festival Memancing Es Hwacheon pada bulan Januari.

Selain itu, Provinsi Gangwon juga menjadi tempat syuting sejumlah film drama Korea populer yakni “Winter Sonata” hingga “Goblin”.

Paling terbaru adalah tambang batu bara Taebaek Hanbo yang menjadi tempat drama Korea populer “Descendants of the Sun” direkam, dan menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan untuk menapak tilas kisah “Song Song Couple”.

Kuliner khas Gangwon juga tidak kalah menarik untuk dicicipi saat Anda berkunjung, seperti Dakgalbi dari Chuncheon, Hwangtae dari Pyeongchang, Gondre dari Jeongseon, Chodang Dubu dari Gangneung, dan banyak atraksi gastronomi lainnya.

Jika Anda penasaran dengan Gangwon, kunjungi Gangwon International Travel Mart di Sheraton Grand Jakarta yang dimulai sejak 19 September hingga hari ini. (ida)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Destinasi

Tips Memilih Koper untuk Bepergian

Published

on

Dalam memilih koper, pastinya kita punya cara tersendiri untuk menentukan pilihan, seperti dari segi warna, bobot koper, fitur, dan lain sebagainya.

Femme.id, Jakarta – Koper menjadi barang penting bagi seseorang yang akan melakukan perjalanan (traveling). Memilih koper yang tepat akan membuat perjalanan lebih praktis dan menyenangkan, namun sebaliknya jika salah justru menjadi bencana.

Manajer pemasaran Samsonite Indonesia Yuliantina Widjaja membagikan sejumlah tip memilih koper yang tepat untuk bepergian. Berikut ini empat di antaranya :

1. Ukuran

Hal yang pertama kali yang harus dipertimbangkan dalam memilih koper adalah ukuran koper yang sesuai dengan keperluan perjalanan.

“Untuk perjalanan singkat biasanya koper berukuran kabin ataupun medium dapat mencukupi kebutuhan, namun untuk traveling dalam waktu yang cukup panjang, ukuran koper large dapat menjadi pilihan para pengguna,” kata Yuliantina saat dihubungi di Jakarta pada Kamis (29/8/2019).

2. Ergonomis

Pilihlah koper yang ergonomis untuk meningkatkan kenyamanan saat bepergian.

“Beberapa hal penting yang harus diperhatikan seperti fleksibilitas roda koper, roda yang tidak berisik ketika didorong dan bobot koper yang ringan akan sangat memudahkan pengguna,” kata Yuliantina.

3. Kokoh

Dalam memilih koper, pastinya kita punya cara tersendiri untuk menentukan pilihan, seperti dari segi warna, bobot koper, fitur, dan lain sebagainya. Namun yang juga penting diperhatikan sebelum memilih sesuai keinginan kita adalah, melihat kekokohan dan ketahanan koper itu sendiri.

“Hal ini diperlukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan bagi pengguna selama traveling, seperti roda atau kunci yang patah, serta casing koper yang hancur karena benturan,” katanya.

4. Smart-features

Investasi melalui fitur-fitur pintar pada koper alias “smart features” akan menambah kenyamanan dalam penggunaannya. Beberapa fitur pintar yang dapat ditemukan pada koper seperti USB port yang dapat digunakan untuk mengisi daya pada gawai hanya dengan menyambungkan powerbank, Bluetooth Tracker yang dapat menambahkan rasa aman pada pengguna karena dapat mendeteksi keberadaan koper pada jarak tertentu.

“Samsonite baru saja merilis koleksi koper terbaru yakni Tri-Tech yang dilengkapi dengan sistem roda suspensi Aero-Trac TM yang menghasilkan perjalanan mulus, yang secara efektif meminimalkan getaran dan suara putaran roda. Koper ini juga menggabungkan fitur cerdas yang ramah pengguna – kunci Click-Pop TM sehingga koper dapat dibuka dengan mulus dan dengan suara pop,” kata Yuliantina. (lws)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Destinasi

Traveloka, Pegipegi dan Tiket.com Beri Diskon Kemerdekaan

Published

on

Pembelian tiket penerbangan rute internasional akan mendapatkan diskon hingga Rp1.774.000 untuk pemesanan tanggal 15-20 Agustus.

Femme.id, Jakarta – Biro perjalanan dalan jaringan atau online travel agent berlomba-lomba memberikan promosi tiket transportasi hingga hotel untuk menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus besok.

Pegipegi memiliki sejumlah promosi bertema HUT RI untuk menyambut Kemerdekaan ke-74 tahun, mereka menawarkan promosi secara umum diskon hingga 74 persen mulai 7 Agustus hingga 24 Agustus berlaku untuk tiket pesawat dan hotel.

Khusus untuk tiket pesawat rute domestik, Pegipegi memberi potongan harga hingga Rp800.000 untuk pembelian di platform tersebuh tingga 20 Agustus. Pegipegi juga menawarkan diskon kilat atau flash sale hari ini untuk semua hotel dalam negeri hingga 74 persen.

Promosi lainnya untuk pemesanan hotel, Pegipegi memberi diskon hingga Rp1.500.000 untuk hotel domestik maupun internasional hingga 18 Agustus.

OTA Tiket.com memiliki promo Merdeka! berupa diskon hingga Rp740.000 untuk maskapai penerbangan Garuda, Citilink, Sriwijaya dan NAM Air untuk periode promosi 16-20 Agustus. Sementara untuk hotel, Tiket.com memberikan potongan harga hingga Rp1.700.000 untuk hotel domestik maupun internasional periode pemesanan 15-20 Agustus.

Pembelian tiket penerbangan rute internasional akan mendapatkan diskon hingga Rp1.774.000 untuk pemesanan tanggal 15-20 Agustus. Tiket kereta api di situs Tiket.com akan mendapatk potongan hingga Rp74.000 melalui sejumlah layanan pembayaran yang telah ditentukan.

Traveloka menawarkan promosi Semangat 45 untuk produk wisata dan kuliner di Xperience dan Eats sebesar 45 persen untuk periode 16-18 Agustus. Untuk pembelian tiket pesawat domestik pada 15-20 Agustus, Traveloka memberi potongan harga 10 persen hingga Rp800.000 untuk penerbangan Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air dan NAM Air.

Sementara untuk penerbangan internasional dengan semua maskapai, Traveloka menawarkan potongan harga hingga Rp1.700.000 untuk pembelian pada 9-20 Agustus. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.