Connect with us

Digital

BRTI : Jual-Beli Data Pribadi Melanggar Hukum

Published

on

BRTI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika akan meminta penyedia platform e-commerce dan media sosial untuk menurunkan promosi, iklan dan gerai yang mempraktikkan jual-beli data pribadi.

Femme.id, Jakarta – Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menegaskan praktik jugal-beli data pribadi merupakan kegiatan yang melanggar hukum dengan ancaman pidana dan denda.

“Ada beberapa kasus yang telah dilaporkan oleh Ditjen Aplikasi Informatika, Kementerian Kominfo, kepada aparat penegak hukum dan kini dalam proses penindakan,” kata Ketua BRTI, Ismail, dalam keterangan resmi, Jumat (17/5/2019).

Pernyataan BRTI ini muncul setelah pemberitaan media massa mengenai temuan jual-beli data pribadi di platform e-commerce.

Saat ini terdapat sekitar 30 regulasi yang mengatur perlindungan data, yang berkaitan dengan hak asasi manusia, pertahanan keamanan, kesehatan, administrasi kependudukan, keuangan dan perbankan, perdagangan, perindustrian, maupun telekomunikasi.

BRTI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika akan meminta penyedia platform e-commerce dan media sosial untuk menurunkan promosi, iklan dan gerai yang mempraktikkan jual-beli data pribadi.

Sebagai langkah memperkuat perlindungan data pribadi, Kominfo menginisiasi RUU Perlindungan Data Pribadi.

Salah satu pasal dalam RUU tersebut menjelaskan data pribadi sebagai setiap data tentang kehidupan seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non elektronik ada sejumlah ketentuan perundang-undangan yang mengatur mengenai perlindungan data pribadi.

Draft tersebut juga menegaskan data sensitif, yaitu data pribadi yang memerlukan perlindungan khusus yang terdiri dari data yang berkaitan dengan agama/keyakinan, kesehatan, kondisi fisik dan kondisi mental, kehidupan seksual, data keuangan pribadi, dan data pribadi lainnya yang mungkin dapat membahayakan dan merugikan privasi subjek data.

Ismail, yang juga menjabat sebagai Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, berpendapat UU PDP akan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap data pribadi serta mencegah terjadinya penyalahgunaan.

Saat ini RUU PDP berada di Sekretariat Negara dan akan diserahkan ke DPR untuk pembahasan lanjutan agar dapat segera disahkan. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Digital

Instagram Tambah Fitur Laporkan Hoax

Published

on

Program cek fakta Instagram saat ini baru berlaku di Amerika Serikat.

Femme.id, Jakarta – Instagram menambah fitur untuk melaporkan informasi yang salah pada platform berbagi foto dan video tersebut, sebagai upaya tambahan untuk menangkal hoax.

“Ini langkah awal pendekatan komprehensif kami untuk mengatasi misinformasi,” kata juru bicara Facebook, Stephanie Otway, dikutip dari Reuters, Jumat (16/8/2019).

Pengguna sebenarnya tidak dilarang mengunggah konten yang berisi misinformasi di platform media sosial Facebook, namun, mereka berusaha mengurangi sebaran konten tersebut dan memberi peringatan bahwa klaim dalam konten tersebut menjadi perdebatan.

Facebook sejak Mei lalu memperkenalkan teknologi deteksi gambar, image detection, untuk Instagram untuk menemukan konten yang di-debunk. Facebook juga meluaskan jaringan pengecek fakta mereka hingga ke platform Instagram.

Konten yang sudah dilabeli sebagai hoax oleh pengecek fakta akan dihapus dari tempat para pengguna mencari konten baru, misalnya tab Explore, berlaku juga untuk pencarian tanda pagar, hashtag.

Program cek fakta Instagram saat ini baru berlaku di Amerika Serikat.

Instagram dan platform media sosial Facebook juga mendapat tekanan untuk memblokir hoax mengenai kesehatan, termasuk unggahan tentang anti-vaksin. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Digital

Peneliti Temukan Tiga Kelemahan Besar WhatsApp

Published

on

Gambaran ideal enkripsi end-to-end adalah pesan hanya dapat dibaca oleh si penerima pesan, WhatsApp bahkan tidak dapat melihat pesan tersebut.

Femme.id, Jakarta – Peneliti keamanan siber dari Check Point saat konferensi Black Hat membeberkan tiga masalah keamanan di WhatsApp, yang menurut mereka berakibat serius untuk para penggunanya.

Temuan pertama dari Check Point, seperti diberitakan laman Phone Arena, berupa celah yang dapat disalahgunakan oleh peretas untuk membaca pesan yang dikirim lewat WhatsApp.

Peretas, menurut Check Point, tidak hanya bisa membaca pesan walau pun pesan tersebut sudah dienkripsi end-to-end, tapi, juga dapat mengubah pesan tersebut. Gambaran ideal enkripsi end-to-end adalah pesan hanya dapat dibaca oleh si penerima pesan, WhatsApp bahkan tidak dapat melihat pesan tersebut.

Check Point juga menemukan bahwa peretas bisa membajak akun WhatsApp seseorang, dia dapat mengirim pesan dengan akun asli tersebut.

Temuan terakhir, Check Point melihat bahwa celah keamanan di WhatsApp juga bisa digunakan oleh peretas untuk menyamarkan pesan publik menjadi pesan pribadi. Penerima pesan mengira jawaban yang dia berikan bersifat pribadi, padahal pesan tersebut bisa dilihat oleh orang lain.

Check Point sudah memberi tahukan masalah-masalah ini ke Facebook tahun lalu, perusahaan induk WhatsApp itu sudah memperbaiki masalah yang terakhir. Dua masalah pertama menurut laman tersebut belum terselesaikan, Check Point menyebutnya “threat actor”, aktor ancaman.

“Kami sudah meninjau secara cermat masalah ini tahun lalu dan keliru jika mengira kami memberikan celah keamanan di WhatsApp,” kata Facebook.

Facebook menilai mereka perlu berhari-hati mengatasi masalah yang diperlihatkan oleh Check Point karena khawatir mengurangi sifat privasi WhatsApp, misalnya dengan menyimpan informasi asal pesan. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Digital

Tiga Tips Belanja Online Murah Paling Ampuh

Published

on

Saat Berbelanja Online pastikan barang dan harga sesuai dengan kualitas produk tersebut.

Femme.id, Jakarta – Perkembangan internet mempengaruhi banyak aspek di kehidupan, salah satunya juga mempengaruhi pola perilaku belanja masyarakat masa kini.

Hanya dengan bermodalkan gawai dan akses internet, Anda dapat langsung berbelanja tanpa perlu ke luar rumah. Bahkan, seseorang tanpa perlu berlama-lama, tinggal klik produk yang diminati, transfer, maka barang idaman pun akan sampai ke rumah.

Di sisi lain, tidak dapat dipungkiri bahwa kemudahan belanja online dapat memicu perilaku boros dan impulsif. Niat hati hanya ingin melihat-lihat produk, tetapi Anda malah menghabiskan banyak uang untuk membeli banyak produk. Agar tidak terlampau boros, maka Anda ada baiknya perlu memikirkan langkah bijak sebelum belanja online.

Mau belanja murah, tanpa membuat kantong Anda jebol? Simak tips berikut ini :

1. Jadi flash sale hunter

Flash hunter

Lagi butuh suatu produk atau sudah punya produk incaran dari jauh-jauh hari? Tidak ada salahnya Anda mampir ke flash sale yang sering diadakan oleh banyak toko online. Biasanya marketplace akan menampilkan produk-produk flash sale tepat di halaman utama situs mereka.

Jadi, sering-seringlah Anda mampir ke situs toko online. Siapa tahu produk incaran Anda juga ada di deretan produk flash sale.

Oleh karena flash sale juga memiliki durasi yang terbatas, maka Anda sebaiknya perlu mencari tahu jadwal di toko online favorit sehingga saat berada di jadwal flash sale tidak akan lagi sibuk mencari barang. Melainkan hanya berfokus menjadi yang tercepat untuk mendapatkan produk idaman.

2. Berburu promo
​​​​​​​
berburu promo

Dapat dipastikan bahwa semua orang menyukainya, termasuk juga Anda! Nah, saat belanja online kita sering terlalu asyik memilih barang, check-out, dan bayar. Bahkan lupa untuk berinisiatif mencari kode promo.

Padahal jika Anda lebih jeli, Anda bisa menemukan kode promo yang sebenarnya ada dan dapat digunakan untuk produk yang Anda beli.

Jadi, sebelum berbelanja biasakan Anda mencari tahu kode promo atau voucher toko online.

Salah satu tips yang dapat diterapkan untuk mencari kode promo dengan mudah dan efektif adalah mengunjungi situs dan aplikasi penyedia kode promo toko online, seperti ShopBack. Melalui situs dan aplikasi tersebut, Anda bisa mendapatkan kode promo toko online untuk hemat belanja. Sebab, Situs ShopBack setiap harinya akan selalu mengunggah kode promo dari ratusan toko online yang ada, seperti kode promo Lazada, Tokopedia, Shopee, Blibli, dan masih banyak lagi.

Cukup membuka laman toko online favorit-mu melalui ShopBack, Anda dapat langsung melihat daftar promo yang masih berlaku dan bisa digunakan.

3. Manfaatkan aplikasi cashback.

Cashback adalah sebuah sistem potongan harga berupa pengembalian dana berbentuk deposit yang bisa digunakan pada transaksi Anda selanjutnya.

Jadi, selain berburu produk flash sale dan promo, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pemberi cashback.
Cash back

Bukan soal memberi info promo saja, aplikasi ShopBack juga memberikan tambahan cashback. Cukup instal dan mendaftarkan diri sebagai pengguna, Anda dapat terhubung otomatis ke toko online tujuan melalui aplikasi ini.

Langkah yang selanjutnya perlu Anda lakukan adalah belanja dan bertransaksi seperti biasa. Saat sukses terhubung dan telah bertransaksi di toko online favorit melalui ShopBack, barulah cashback akan otomatis masuk ke dalam akunmu.

Menariknya, melalui aplikasi ini cashback yang diberikan dapat dicairkan dengan mudah ke rekening pribadi, digunakan untuk membeli pulsa. Cashback yang sudah dicairkan pun digunakan untuk transaksi lain. Mudah, kan?

Cukup menambahkan satu langkah awal (masuk melalui akun ShopBack), maka uang secara cuma-cuma akan masuk ke akun Anda.

Jadi, sangat cocok untuk Anda yang suka berbelanja online, sebab memberi keuntungan dobel.

Itulah tiga tips yang bisa Anda dilakukan agar mendapat keuntungan ekstra dan menerapkan gaya berbelanja yang bijak.

Tidak ada lagi cerita boros belanja, karena Anda bisa meraup untung dengan banyak cara. Happy Shopping!. (jak)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.