Connect with us

Destinasi

Ajak Balita ke Luar Negeri Tanpa Pengasuh

Published

on

Kurangi ekspektasi dan nikmati liburan secara santai. Sebaiknya, anda tidak memaksakan diri dan jalani liburan dengan mengedepankan kenyamanan anak.

Femme.id, Jakarta – Libur lebaran seringkali bukan cuma dimanfaatkan untuk mudik ke kampung halaman melainkan juga liburan jauh ke mancanegara.

Persiapan berlibur tentunya lebih heboh bila perjalanan itu melibatkan buah hati yang masih belia.

Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Bukan hanya kesenangan orangtua, melainkan juga kenyamanan anak.

Nucha Bachri, pendiri Parentalk.id, berbagi tips yang bisa diterapkan orangtua yang ingin mengajak balita berlibur ke luar negeri tanpa mengandalkan pengasuh.

Persiapkan mental

Saat berlibur sendirian atau hanya bersama pasangan, satu hari bisa dihabiskan untuk mengunjungi dua atau tiga tempat sekaligus.

Namun, jangan berharap hal yang sama bisa diterapkan ketika berwisata dengan anak karena tidak semuanya bisa diprediksi.

“Kita tidak bisa ambisius ketika pergi dengan anak,” ujar ibu dari dua balita itu di Mothercare, Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Misalnya, anak ogah-ogahan makan sehingga waktu terbuang untuk membujuk buah hati agar mau disuapi. Hal-hal seperti itu mungkin terjadi ketika sedang berlibur bersama.

“Jadi kita harus bikin plan B ketika itu terjadi,” ujarnya.

Oleh karena itu, kurangi ekspektasi dan nikmati liburan secara santai. Sebaiknya, Anda tidak memaksakan diri dan jalani liburan dengan mengedepankan kenyamanan anak. Tidak masalah bila Anda hanya bisa mengunjungi satu tempat dalam satu hari selama anak juga senang dan tidak kelelahan.

Buat kesepakatan dengan pasangan

Pergi tanpa pengasuh artinya beban mengurus anak harus dibagi dua. Bicarakan dengan pasangan soal pembagian tugas sehingga tidak ada letupan pertengkaran di tempat wisata gara-gara ada satu pihak yang merasa lebih letih menjaga buah hati.

Buat daftar perjalanan secara rinci lengkap dengan siapa yang bertugas menjaga buah hati di tempat tertentu.

Jika ibu ingin membeli barang-barang di tempat belanja, maka ayah yang bertugas menjaga anak. Saat ayah ingin melihat-lihat sepatu di toko idamannya, giliran ibu yang bertugas menunggui anak.

“Kita pasti punya tujuan, komunikasikan dengan baik, biar kalau sudah sampai ke tempat yang kita inginkan, bisa bergantian menjaga anak,” kata dia.

Beri pemahaman pada anak

Bukan cuma ayah dan ibu yang harus bersiap-siap. Anak juga sebaiknya diberitahu soal liburan mendatang meski mereka masih terlalu kecil untuk benar-benar paham. Sejak jauh-jauh hari, orang tua dapat memberitahu anaknya bila ada rencana bepergian. Mulai dari tujuan liburan, suasana di tempat tujuan, apa yang akan ditemui atau dilihat, hingga berapa jam yang harus ditempuh di pesawat.

Hal yang sama diterapkan pada anak yang lebih kecil. Walau mereka belum paham, orang tua “mengajak ngobrol” agar si kecil sehat dan baik-baik selama perjalanan maupun liburan.

Bawa barang secukupnya

Orang tua sebaiknya tidak perlu membawa mainan seisi rumah agar anak tidak rewel di jalan, cukup siapkan beberapa. Tapi, sebaiknya pilih mainan yang baru sehingga anak lebih tertarik memainkannya dalam waktu lama. Mainan itu akan membantu anak mengatasi kebosanan di jalan, apalagi bila waktu yang ditempuh cukup lama.

Hal yang sama berlaku untuk baju-baju. Jika memungkinkan untuk membawa dalam jumlah sedikit, orang tua tidak perlu repot membawa banyak baju. Misalnya, jika penginapan yang dituju adalah apartemen dengan fasilitas mesin cuci, sebaiknya membawa baju anak dalam jumlah sedikit.

Nucha punya tips agar penampilan anak di foto atau video tidak terkesan “pakai yang itu-itu saja”.

“Bawa baju yang warnanya monokrom,” ujar dia.

Jika membawa kereta bayi, usahakan bawa yang mudah dioperasikan dengan satu tangan. Orang tua lebih leluasa melakukan kegiatan lain, misalnya sambil menggendong si adik atau membawa tas belanja. (nan)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Destinasi

Traveloka, Pegipegi dan Tiket.com Beri Diskon Kemerdekaan

Published

on

Pembelian tiket penerbangan rute internasional akan mendapatkan diskon hingga Rp1.774.000 untuk pemesanan tanggal 15-20 Agustus.

Femme.id, Jakarta – Biro perjalanan dalan jaringan atau online travel agent berlomba-lomba memberikan promosi tiket transportasi hingga hotel untuk menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus besok.

Pegipegi memiliki sejumlah promosi bertema HUT RI untuk menyambut Kemerdekaan ke-74 tahun, mereka menawarkan promosi secara umum diskon hingga 74 persen mulai 7 Agustus hingga 24 Agustus berlaku untuk tiket pesawat dan hotel.

Khusus untuk tiket pesawat rute domestik, Pegipegi memberi potongan harga hingga Rp800.000 untuk pembelian di platform tersebuh tingga 20 Agustus. Pegipegi juga menawarkan diskon kilat atau flash sale hari ini untuk semua hotel dalam negeri hingga 74 persen.

Promosi lainnya untuk pemesanan hotel, Pegipegi memberi diskon hingga Rp1.500.000 untuk hotel domestik maupun internasional hingga 18 Agustus.

OTA Tiket.com memiliki promo Merdeka! berupa diskon hingga Rp740.000 untuk maskapai penerbangan Garuda, Citilink, Sriwijaya dan NAM Air untuk periode promosi 16-20 Agustus. Sementara untuk hotel, Tiket.com memberikan potongan harga hingga Rp1.700.000 untuk hotel domestik maupun internasional periode pemesanan 15-20 Agustus.

Pembelian tiket penerbangan rute internasional akan mendapatkan diskon hingga Rp1.774.000 untuk pemesanan tanggal 15-20 Agustus. Tiket kereta api di situs Tiket.com akan mendapatk potongan hingga Rp74.000 melalui sejumlah layanan pembayaran yang telah ditentukan.

Traveloka menawarkan promosi Semangat 45 untuk produk wisata dan kuliner di Xperience dan Eats sebesar 45 persen untuk periode 16-18 Agustus. Untuk pembelian tiket pesawat domestik pada 15-20 Agustus, Traveloka memberi potongan harga 10 persen hingga Rp800.000 untuk penerbangan Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air dan NAM Air.

Sementara untuk penerbangan internasional dengan semua maskapai, Traveloka menawarkan potongan harga hingga Rp1.700.000 untuk pembelian pada 9-20 Agustus. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Destinasi

Kiat Bawa Bayi Naik Pesawat, Beri ASI dan Pastikan Popok Bersih

Published

on

Selain itu, orangtua bisa membawa mainan favoritnya atau benda apapun yang membuatnya teringat rumah.

Femme.id, Jakarta – Beberapa waktu terakhir, para warganet membicarakan ulah seorang selebritas Angela Gilsha yang merasa terganggu karena tangisan bayi selama di pesawat.

Melalui Instagram Storiesnya, dia menuliskan kalimat yang menyebut lebih baik membolehkan hewan peliharaan masuk pesawat ketimbang bayi. Belakangan ia meminta maaf atas unggahannya itu.

Terlepas dari siapa yang salah, kasus Angela ini bisa menjadi masukan bagi para ibu yang berniat membawa bayi bepergian dengan pesawat.

Berikut sejumlah kiat dari berbagai sumber bagi para ibu yang ingin bepergian bersama sang buah hati menggunakan pesawat :

1. Bayi mungkin menangis

Tak perlu khawatir jika bayi Anda menangis. Umumnya penumpang lain akan memahami hal itu. Namun, jika ada penumpang yang merasa kesal karenanya, Anda bisa meminta maaf.

2. Pesan kursi ekstra

Anda membutuhkan ruang lebih dan menaruh car seat di bangku pesawat agar balita Anda merasa lebih nyaman dan aman.

“Anak akan lebih nyaman duduk di kursinya sendiri,” kata ahli pediatrik dari Mercy Medical Center di Baltimore, Ashanti Woods, seperti dilansir Washington Post.

3. Pertimbangkan posisi kursi

Sebaiknya pilih posisi kursi yang dekat dengan lorong dan di bagian depan untuk memudahkan pergerakan Anda misalnya untuk menenangkan bayi saat dia rewel.

4. Susui bayi

Memberikan ASI atau saat lepas landas bisa membantu karena gerakan menelan akan mengatasi ketidaknyamanan akibat perubahan tekanan.

“Bayi akan merasa nyaman dan cukup makan sehingga mungkin hanya menghabiskan beberapa jam berikutnya untuk tidur,” ujar CEO laman parenting, Upparent.com, Alexandra Fung.

Ada juga yang menyarankan agar bayi disusui sebelum naik pesawat dan pastikan dia bersendawa.

5. Pastikan popok bersih dan baju bayi nyaman

Fung menyarankan Anda memastikan popok yang anak kenakan bersih. Lalu, baju yang mereka nyaman dan mudah untuk diganti jika ada masalah semisal kena tumpahan makanan.

Pakaian bayi Anda perlu menjadi perhatian. Beberapa ahli mengatakan, bayi yang memakai pakaian lucu membuat mereka cenderung disayangi penumpang lain.

6. Bawa kantong

Susan Fogwell, seorang pramugari dari Devon, Pa, Amerika Serikat menganjurkan Anda membawa kantong plastik yang bisa ditutup.

Ketika Anda selesai mengganti popok sebaiknya masukan popok ke dalam kantong plastik dan buanglah secepat mungkin. (lws)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Destinasi

Kali Biru Destinasi Wisata Sungai Raja Ampat yang Mempesona

Published

on

Kali Biru Raja Ampat banyak dikunjungi wisatawan karena transportasi menuju destinasi tersebut mudah dan dekat dengan Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Femme.id, Waisai – Bagi para pecinta alam yang pernah mengunjungi Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat pasti mengetahui Kali Biru salah satu destinasi wisata sungai di tengah hutan Pulau Waigeo yang memesona.

Kali Biru bukan berarti air sungai yang terletak di Teluk Mayalibit Waigeo Timur tersebut berwarna biru, tetapi dinamakan begitu sebab bila dipandang dari kejauhan sungai itu terlihat biru.

Kali Biru cukup ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing, mengingat berkunjung ke destinasi tersebut hanya membutuhkan waktu 30 menit dari waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Kali Biru adalah destinasi sungai di tengah hutan belantara yang sangat indah. Saya sudah mendatangi beberapa destinasi sungai di Indonesia, namun Kali Biru Raja Ampat lebih unik karena air yang mengalir dari kejauhan tampak biru,” ujar Nanda (33), wisatawan asal Jakarta, di Waisai, Senin (10/6/2019).

Selain itu, kata dia, hutan di kawasan destinasi Kali Biru Raja Ampat masih alami, terjaga dengan baik, sehingga memberikan kesejukan bagi setiap pengunjung.

“Saya berharap masyarakat setempat menjaga destinasi wisata Kali Biru, terutama kawasan hutan yang begitu hijau pepohonannya agar tetap lestari sepanjang masa,” kata Nanda.

Kekaguman akan keindahan Kali Biru Raja Ampat juga disampaikan oleh Rivan (27), seorang wisatawan asal Bandung yang mengatakan bahwa Kali Biru adalah sungai terindah yang pernah ia lihat.

Dia memberikan apresiasi terhadap masyarakat setempat karena telah menjaga hutan kawasan Kali Biru sehingga terlihat alami dan memesona.

“Saya berenang di Kali Biru Raja Ampat selain airnya sejuk dan hijau pepohonannya, saya juga terhibur dengan berbagai suara burung begitu memesona,” kata dia.

Kali Biru Raja Ampat banyak dikunjungi wisatawan karena transportasi menuju destinasi tersebut mudah dan dekat dengan Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat dengan fasilitas penginapan cukup memadai dan harga dapat dijangkau. (ern)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.