Connect with us

Beauty

Hati-Hati Cari Lipstik agar Bibir Tidak Menghitam

Published

on

Salah satu pertanda lipstik yang berisiko menghitamkan bibir adalah lipstik yang membuat bibir kering, bahkan hingga kulitnya mengelupas.

Femme.id, Jakarta – Lipstik dapat membuat penampilan lebih mencolok dan menarik, tapi Anda harus berhati-hati saat memilih pemulas bibir yang tepat untuk menghindari risiko warna bibir menjadi lebih gelap.

Tipe lipstik yang berisiko membuat bibir jadi menghitam adalah lipstik jenis matte, kata make up artist Laneige Chusfatun Chasanah.

“Pemakaian terus menerus, bukan yang sesekali, bisa membuat bibir jadi hitam,” kata Chusfatun di acara Laneige Beauty in Ramadhan, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Namun tidak semua lipstik matte berpotensi membuat bibir jadi menghitam. Chusfatun mengatakan salah satu pertanda lipstik yang berisiko menghitamkan bibir adalah lipstik yang membuat bibir kering, bahkan hingga kulitnya mengelupas.

Lipstik yang terlalu tahan lama juga tidak disarankan untuk kesehatan bibir.

“Lipstik yang enggak hilang-hilang warnanya dalam waktu lama, bahkan saat kita makan, itu berarti kandungan kimianya banyak,” kata dia.

Sudah terlanjur? Jangan terlalu khawatir karena masih ada solusi yang bisa diterapkan untuk mengembalikan kesehatan kulit.

Pakailah produk-produk pelembab bibir secara rutin seperti pelembab atau lip mask yang bisa mengangkat sel kulit mati juga mengembalikan warna jadi alami. (nan)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Beauty

Mengapa Ada Flek Hitam di Wajah?

Published

on

Flek hitam atau ephelis, adalah bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit.

Femme.id, Jakarta – Flek hitam atau noda hitam di wajah tak muncul begitu saja, tetapi karena ada pemicu dan radiasi sinar UV salah satu di antaranya menurut Ahli dermatologi dr Inneke Jane Hidajat, SpKK.

“Orang di Asia mudah kena flek karena banyak pajanan sinar UV. Di Asia Tenggara pajanan matahari tinggi sekali, mengaktifkan sel kulit yang menghasilkan pigmen,” ujar dia di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Selain itu, pada wanita terutama yang berusia 30 tahun ke atas, munculnya flek bisa karena hormonal.

Tak hanya flek hitam, paparan sinar UV juga bisa meningkatkan radikan bebas di kulit. Efeknya, radikal bebas yang teproduksi tinggi di kulit membuat kulit cepat keriput dan kering. Di sinilah pentingnya antioksidan untuk mengurangi efek buruk radikal bebas.

“Antioksidan supaya kulit tampak cerah. Polusi juga bisa bikin kulit kusam. Saya enggak sarankan enggak kena sinar matahari karena nanti bisa kurang vitamin D,” kata Jane. (lws)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Beauty

Alasan Kulit Wajah Jadi Perih Usai Dibersihkan

Published

on

Cara pembersihan yang terlalu kuat sehingga menimbulkan iritasi bisa menjadi penyebabnya.

Femme.id, Jakarta – Apakah Anda pernah merasa kulit wajah menjadi kering dan perih usai dibersihkan menggunakan susu pembersih dan toner?

Rupanya hal ini terjadi bukan hanya disebabkan oleh kandungan dalam produk yang dipakai saja.

Ahli dermatologi dr Inneke Jane Hidajat, SpKK, mengatakan terkadang cara pembersihan yang terlalu kuat sehingga menimbulkan iritasi bisa menjadi penyebabnya.

“Membersihkan wajah jangan terlalu digosok-gosok demi bersih banget, yang ada malah iritasi wajahnya. Setelah cleansing milk lalu toner malah wajah kering karena sudah digosok-gosok (terlalu kuat),” kata dia di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Adanya trauma minor pada kulit wajah inilah yang terkadang memunculkan rasa perih usai wajah dibersihkan. Jane menuturkan, pada kondisi kulit berjerawat menggosok terlalu kuat bisa memperparah jerawat.

“Kalau pada kulit berjerawat, malah bisa memperparah jerawatnya. Bersihkan pelan-pelan secara halus misalnya pakai brush yang lembut. Setelah dibersihkan pakai serum,” tutur Jane.

Membersihkan wajah rutin menjadi hal wajib agar kulit tetap sehat dan tak kusam, terutama jika Anda mengaplikasikan make up. Setelahnya, jangan lupakan pelembap dan tabir surya.

Selain itu, terapkan gaya hidup sehat seperti mengelola stres, tak konsumsi alkohol dan merokok, konsumsi air sesuai kebutuhan tubuh serta istirahat yang cukup. (lws)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Beauty

Kenali Bahan-Bahan dalam Produk “Skincare” dan Fungsinya

Published

on

Dalam dunia kecantikan, begitu banyak istilah-istilah yang ada, terutama ketika menyangkut produk skincare. Mulai dari serum, AHA, BHA, dan masih banyak lagi istilah lainnya.

Femme.id, Jakarta – Saat ini terdapat beragam produk perawatan kulit yang menawarkan berbagai bahan-bahan dengan fungsi bermacam-macam mulai dari mengurangi flek wajah hingga meningkatkan imunitas kulit.

Ahli dermatologi dr Inneke Jane Hidajat, SpKK menyebutkan, karotenoid salah satunya. Zat yang biasanya terdapat dalam sayuran dan buah dan termasuk dalam keluarga antioksidan ini mampu meningkatkan regenerasi kulit dan melindungi tubuh dari risiko berbagai penyakit.

“Karotenoid memiliki fungsi anti-aging, meningkatkan regenerasi kulit. Kalau regenerasi kulit jelek, banyak kulit mati menumpuk di permukaan,” ujar dia dalam peluncuran N’Pure Marigold di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Bahan lainnya, Niacinamide yang berfungsi mencerahkan kulit. Jane mengatakan, zat ini juga saat ini banyak dipakai dalam produk anti jerawat. Niacinamide bisa membuat kulit tempat bekas jerawat tak terlalu hitam.

“Niacinamide bisa untuk mencerahkan kulit. Saat jerawatan, bekasnya enggak akan terlalu hitam karena ada efek membentuk pigmen melanin jadi enggak terlalu gelap,” kata Jane.

Selain itu, ada juga asam hialuronat, yang bisa menyerap air sehingga membuat kulit lembap. Saat kulit lembap, pori-pori wajah juga akan tampak lebih kecil.

“Lembap itu enggak selalu berhubungan dengan kandungan minyak. Lembap bisa karena kandungan air di dalam wajah,” tutur Jane.

Bahan lainnya, ekstrak bunga marigold yang memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan meningkatkan imunitas kulit sehingga lebih tahan terhadap bakteri, virus dan jamur.

Saat ini, produk sudah ada beragam skincare yang mengandung ekstrak marigold, mulai dari pelembap hingga serum. (lws)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.