Connect with us

Destinasi

Tiga Masjid unik di Jakarta yang Menarik Dikunjungi

Published

on

Masjid Ramlie Musofa mulai dibangun pada 2011 dan diresmikan pada 2016 oleh H Ramli Rasidin dan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar.

Femme.id, Jakarta – Bulan Suci Ramadhan merupakan salah satu momentum bagi umat Muslim untuk semakin meningkatkan ibadah dan keimanan kepada sang pencipta. Hal itu bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan positif, salah satunya berwisata religi.

Bagi umat Muslim di Jakarta dan sekitarnya, ada beberapa tempat wisata religi yang patut untuk dikunjungi sembari “ngabuburit” menunggu waktu berbuka puasa, selain menambah pengetahuan mengenai Islam di ibukota.

Dari penelusuran Antara, terdapat tiga masjid unik di Jakarta yang menarik untuk dikunjungi pada Bulan Suci Ramadhan ini, berikut ulasannya :

1. Masjid Ramlie Musofa

Masjid ini terletak di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok 1/10 nomor 12 C-14A RT 13/RW 16 Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Masjid Ramlie Musofa mulai dibangun pada 2011 dan diresmikan pada 2016 oleh H Ramli Rasidin dan Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof Nasaruddin Umar.

Meskipun usianya bukan tergolong tua, masjid ini menarik karena arsitekturnya yang berbeda dari kebanyakan masjid pada umumnya. Bangunannya megah menyerupai Taj Mahal dan dilengkapi ukiran tulisan China di dinding-dinding masjid.

Saat Bulan Suci Ramadhan, tempat ini kerap dijadikan destinasi wisata religi oleh masyarakat. Salah satunya Ida Suryani pengunjung dari Bekasi, Jawa Barat.

Menurut dia, bangunan masjid ini menyerupai Taj Mahal yang ada di India. Gaya arsitekturnya menimbulkan rasa nyaman bagi pengunjung untuk betah berlama-lama di masjid itu.

“Seperti di India saja, mirip Taj Mahal,” kata dia.

Apalagi, ujar dia, bangunan masjid itu berada di dekat jalan raya sehingga memudahkan masyarakat untuk berkunjung atau sekadar beristirahat hingga menghabiskan waktu menjelang buka puasa.

2. Masjid Babah Alun

Masjid Babah Alun berlokasi di daerah Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Masjid ini berbeda dengan masjid kebanyakan. Jika pada umumnya masjid dibangun masyarakat di sebuah pekarangan atau komplek perumahan, Masjid Babah Alun ini malah persis berada di bawah tol di kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Selain berada di tempat yang tidak lazim, masjid ini juga memiliki bangunan bercorak Tionghoa.

Salah seorang pengurus Masjid Babah Alun, Ustadz Muntaha, mengatakan fakta tersebut memperlihatkan bahwa masjid dibangun dengan adanya perpaduan antara Islam dan budaya Tionghoa.

Di sekeliling masjid banyak ditemukan kaligrafi dengan tulisan arab. Kemudian terdapat pula terjemahan dari kaligrafi tersebut dalam bahasa mandarin. Hal ini bertujuan agar orang-orang Tionghoa dapat memahami makna kaligrafi dengan bahasa mereka saat mengunjungi masjid ini.

Selain itu, kata dia, kaligrafi yang terpampang dalam dua bahasa perpaduan antara dua budaya itu juga dapat dilihat dari struktur bangunan masjid yang berbentuk segi delapan.

Segi delapan merupakan salah satu simbol yang identik dengan kemenangan umat Islam dalam sejarah Umar bin Khattab menaklukkan Kota Palestina.

Selain itu, dalam bangsa Tionghoa, simbol segi delapan juga bermakna kemenangan.

Awalnya, lokasi bangunan ini merupakan tempat pembuangan sampah. Atas dasar tujuan mengubah lingkungan kumuh menjadi asri, sekaligus meningkatkan ketaatan umat untuk beribadah, seorang mualaf keturunan Tionghoa, Muhammad Jusuf Hamka, mewakafkan hartanya untuk membangun masjid.

Pada siang hari hingga menjelang waktu berbuka puasa, kawasan masjid ini cukup ramai didatangi pengunjung sebagai tempat beristirahat dan area bermain anak-anak.

Pemadangan masjid yang beratapkan jalan tol terlihat cukup menarik karena syiar menyebarkan agama Islam tidak memandang tempat atau lokasi.

3. Masjid Lautze

Masjid ini juga dapat menjadi salah satu tujuan wisata regili bagi kaum Muslim. Masjid Lautze terletak di kawasan Sawah Besar Jakarta Pusat.

Pada umumnya masjid atau tempat ibadah umat muslim memiliki sebuah menara atau kubah sebagai suatu penanda. Namun, hal itu tidak akan dijumpai pada Masjid Lautze.

Bangunan masjid ini sepintas terlihat lebih menyerupai sebuah kelenteng, namun peruntukkannya adalah tempat beribadah umat Muslim di sekitar kawasan Sawah Besar.

Bangunan yang berjejeran dengan pertokoan itu memiliki warna merah dan kuning mencolok sehingga kesan Tionghoa terlihat jelas. Sebagai penanda masjid, di depan bangunan tertulis “Yayasan Haji Karim Oei”.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengunjung apabila menjadikan Masjid Lautze sebagai destinasi wisata salah satunya jadwal kedatangan.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, nama masjid ini memiliki makna guru atau orang yang dihormati. (mzu)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Destinasi

Traveloka, Pegipegi dan Tiket.com Beri Diskon Kemerdekaan

Published

on

Pembelian tiket penerbangan rute internasional akan mendapatkan diskon hingga Rp1.774.000 untuk pemesanan tanggal 15-20 Agustus.

Femme.id, Jakarta – Biro perjalanan dalan jaringan atau online travel agent berlomba-lomba memberikan promosi tiket transportasi hingga hotel untuk menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus besok.

Pegipegi memiliki sejumlah promosi bertema HUT RI untuk menyambut Kemerdekaan ke-74 tahun, mereka menawarkan promosi secara umum diskon hingga 74 persen mulai 7 Agustus hingga 24 Agustus berlaku untuk tiket pesawat dan hotel.

Khusus untuk tiket pesawat rute domestik, Pegipegi memberi potongan harga hingga Rp800.000 untuk pembelian di platform tersebuh tingga 20 Agustus. Pegipegi juga menawarkan diskon kilat atau flash sale hari ini untuk semua hotel dalam negeri hingga 74 persen.

Promosi lainnya untuk pemesanan hotel, Pegipegi memberi diskon hingga Rp1.500.000 untuk hotel domestik maupun internasional hingga 18 Agustus.

OTA Tiket.com memiliki promo Merdeka! berupa diskon hingga Rp740.000 untuk maskapai penerbangan Garuda, Citilink, Sriwijaya dan NAM Air untuk periode promosi 16-20 Agustus. Sementara untuk hotel, Tiket.com memberikan potongan harga hingga Rp1.700.000 untuk hotel domestik maupun internasional periode pemesanan 15-20 Agustus.

Pembelian tiket penerbangan rute internasional akan mendapatkan diskon hingga Rp1.774.000 untuk pemesanan tanggal 15-20 Agustus. Tiket kereta api di situs Tiket.com akan mendapatk potongan hingga Rp74.000 melalui sejumlah layanan pembayaran yang telah ditentukan.

Traveloka menawarkan promosi Semangat 45 untuk produk wisata dan kuliner di Xperience dan Eats sebesar 45 persen untuk periode 16-18 Agustus. Untuk pembelian tiket pesawat domestik pada 15-20 Agustus, Traveloka memberi potongan harga 10 persen hingga Rp800.000 untuk penerbangan Garuda Indonesia, Citilink, Sriwijaya Air dan NAM Air.

Sementara untuk penerbangan internasional dengan semua maskapai, Traveloka menawarkan potongan harga hingga Rp1.700.000 untuk pembelian pada 9-20 Agustus. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Destinasi

Kiat Bawa Bayi Naik Pesawat, Beri ASI dan Pastikan Popok Bersih

Published

on

Selain itu, orangtua bisa membawa mainan favoritnya atau benda apapun yang membuatnya teringat rumah.

Femme.id, Jakarta – Beberapa waktu terakhir, para warganet membicarakan ulah seorang selebritas Angela Gilsha yang merasa terganggu karena tangisan bayi selama di pesawat.

Melalui Instagram Storiesnya, dia menuliskan kalimat yang menyebut lebih baik membolehkan hewan peliharaan masuk pesawat ketimbang bayi. Belakangan ia meminta maaf atas unggahannya itu.

Terlepas dari siapa yang salah, kasus Angela ini bisa menjadi masukan bagi para ibu yang berniat membawa bayi bepergian dengan pesawat.

Berikut sejumlah kiat dari berbagai sumber bagi para ibu yang ingin bepergian bersama sang buah hati menggunakan pesawat :

1. Bayi mungkin menangis

Tak perlu khawatir jika bayi Anda menangis. Umumnya penumpang lain akan memahami hal itu. Namun, jika ada penumpang yang merasa kesal karenanya, Anda bisa meminta maaf.

2. Pesan kursi ekstra

Anda membutuhkan ruang lebih dan menaruh car seat di bangku pesawat agar balita Anda merasa lebih nyaman dan aman.

“Anak akan lebih nyaman duduk di kursinya sendiri,” kata ahli pediatrik dari Mercy Medical Center di Baltimore, Ashanti Woods, seperti dilansir Washington Post.

3. Pertimbangkan posisi kursi

Sebaiknya pilih posisi kursi yang dekat dengan lorong dan di bagian depan untuk memudahkan pergerakan Anda misalnya untuk menenangkan bayi saat dia rewel.

4. Susui bayi

Memberikan ASI atau saat lepas landas bisa membantu karena gerakan menelan akan mengatasi ketidaknyamanan akibat perubahan tekanan.

“Bayi akan merasa nyaman dan cukup makan sehingga mungkin hanya menghabiskan beberapa jam berikutnya untuk tidur,” ujar CEO laman parenting, Upparent.com, Alexandra Fung.

Ada juga yang menyarankan agar bayi disusui sebelum naik pesawat dan pastikan dia bersendawa.

5. Pastikan popok bersih dan baju bayi nyaman

Fung menyarankan Anda memastikan popok yang anak kenakan bersih. Lalu, baju yang mereka nyaman dan mudah untuk diganti jika ada masalah semisal kena tumpahan makanan.

Pakaian bayi Anda perlu menjadi perhatian. Beberapa ahli mengatakan, bayi yang memakai pakaian lucu membuat mereka cenderung disayangi penumpang lain.

6. Bawa kantong

Susan Fogwell, seorang pramugari dari Devon, Pa, Amerika Serikat menganjurkan Anda membawa kantong plastik yang bisa ditutup.

Ketika Anda selesai mengganti popok sebaiknya masukan popok ke dalam kantong plastik dan buanglah secepat mungkin. (lws)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Destinasi

Kali Biru Destinasi Wisata Sungai Raja Ampat yang Mempesona

Published

on

Kali Biru Raja Ampat banyak dikunjungi wisatawan karena transportasi menuju destinasi tersebut mudah dan dekat dengan Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Femme.id, Waisai – Bagi para pecinta alam yang pernah mengunjungi Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat pasti mengetahui Kali Biru salah satu destinasi wisata sungai di tengah hutan Pulau Waigeo yang memesona.

Kali Biru bukan berarti air sungai yang terletak di Teluk Mayalibit Waigeo Timur tersebut berwarna biru, tetapi dinamakan begitu sebab bila dipandang dari kejauhan sungai itu terlihat biru.

Kali Biru cukup ramai dikunjungi wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing, mengingat berkunjung ke destinasi tersebut hanya membutuhkan waktu 30 menit dari waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Kali Biru adalah destinasi sungai di tengah hutan belantara yang sangat indah. Saya sudah mendatangi beberapa destinasi sungai di Indonesia, namun Kali Biru Raja Ampat lebih unik karena air yang mengalir dari kejauhan tampak biru,” ujar Nanda (33), wisatawan asal Jakarta, di Waisai, Senin (10/6/2019).

Selain itu, kata dia, hutan di kawasan destinasi Kali Biru Raja Ampat masih alami, terjaga dengan baik, sehingga memberikan kesejukan bagi setiap pengunjung.

“Saya berharap masyarakat setempat menjaga destinasi wisata Kali Biru, terutama kawasan hutan yang begitu hijau pepohonannya agar tetap lestari sepanjang masa,” kata Nanda.

Kekaguman akan keindahan Kali Biru Raja Ampat juga disampaikan oleh Rivan (27), seorang wisatawan asal Bandung yang mengatakan bahwa Kali Biru adalah sungai terindah yang pernah ia lihat.

Dia memberikan apresiasi terhadap masyarakat setempat karena telah menjaga hutan kawasan Kali Biru sehingga terlihat alami dan memesona.

“Saya berenang di Kali Biru Raja Ampat selain airnya sejuk dan hijau pepohonannya, saya juga terhibur dengan berbagai suara burung begitu memesona,” kata dia.

Kali Biru Raja Ampat banyak dikunjungi wisatawan karena transportasi menuju destinasi tersebut mudah dan dekat dengan Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat dengan fasilitas penginapan cukup memadai dan harga dapat dijangkau. (ern)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.