Connect with us

BISNIS

Trakindo Mendukung Kemajuan Perempuan Indonesia

Published

on

PT Trakindo Utama (Trakindo) kembali menggelar acara Bincang PERSpektif yang kali ini hadir dalam momentum Hari Kartini dengan mengangkat tema “Kartini di Industri Alat Berat” di Training Center Trakindo, Cileungsi (30/4). (Ki-Ka) Bapak Ferry Butarbutar selaku Human Capital Division Head Trakindo, Fama Flora selaku BRAVE Team Leader Trakindo, Ira Dhamayanti Kamal selaku Learning & Talent Development Manager Trakindo, Fourina Yudhasari selaku Standard & Resources Management Manager Trakindo, Ade Ayu selaku Operator Trainer dari cabang Trakindo Palembang.

Femme.id, Jakarta – PT Trakindo Utama (Trakindo), penyedia solusi alat berat Cat®, memiliki visi perusahaan untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang layak dan berkualitas bagi rakyat Indonesia. Sejalan dengan tujuan tersebut, Trakindo mendukung dan percaya bahwa partisipasi perempuan dalam perusahaan dapat memberikan pengaruh besar bagi peningkatan nilai tambah, daya saing, serta kemajuan bersama.

Pendapat ini selaras dengan laporan dari McKinsey Global Institute (MGI) pada 2018 yang mengidentifikasi perusahaan yang memiliki tingkat keragaman gender lebih tinggi, memiliki peluang sebesar 21% unggul dalam profitabilitas. Pada laporan itu juga disebutkan Indonesia berpeluang meningkatkan Product Domestic Bruto tahunan sebesar 9% diatas kondisi normal pada 2025 dengan meningkatkan partisipasi perempuan di dunia kerja . Untuk mewujudkannya, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak dalam memberi semangat kepada para perempuan untuk terus mengembangkan diri dan menggali potensi, seperti yang coba dilakukan melalui Bincang PERSpektif Trakindo kali ini.

Ferry Butarbutar, Human Capital Division Head Trakindo, menjelaskan, “Trakindo percaya bahwa gender tidak membatasi karier seseorang dalam dunia kerja, termasuk di industri alat berat yang identik dengan pekerja laki-laki. Bahkan, terbukti pekerja perempuan mampu menempati berbagai posisi strategis di Trakindo. Memanfaatkan momentum peringatan Hari Kartini, kali ini kami ingin mengajak perempuan indonesia saling menginspirasi dan memberi semangat untuk terus berkarya, bagi diri, keluarga, dan negeri.”

Bincang PERSpektif Trakindo kali ini membahas “Kartini di Industri Alat Berat”. Kartini dikenal sebagai sosok pahlawan yang memiliki tekad kuat untuk memperoleh pendidikan dan memajukan kaum perempuan. Semangat emansipasi yang digaungkan Kartini mampu memberikan inspirasi bagi banyak perempuan Indonesia untuk terus berkembang di berbagai bidang yang mereka tekuni. Hal ini pula yang menjadi penyemangat bagi sosok pekerja perempuan di Trakindo.

Fama Flora, BRAVE Team Leader Trakindo, menyampaikan bahwa pemikiran perempuan di dunia kerja dapat memberikan perspektif berbeda yang membuatnya memiliki nilai lebih dalam bekerja. “Selain bekerja, saya juga adalah seorang ibu. Terkadang naluri saya sebagai seorang ibu terbawa ke kantor, seperti; ingin selalu menjaga kerukunan dan kekompakan tim, memberi perhatian lebih terhadap hal-hal secara detil, serta mengajak tim untuk selalu mengembangkan diri. Ternyata, hal ini membuat pekerjaan dapat diselesaikan lebih optimal, keterikatan karyawan pun terjalin dengan baik, sehingga kami dapat lebih bersemangat memberikan kontribusi untuk mencapai tujuan perusahaan,” terang Flora.

Dukungan dari perusahaan dan lingkungan kerja juga sangat berperan dalam membangun suasana kerja yang kondusif bagi seluruh karyawan. Adanya perlakuan yang setara bagi setiap karyawan, tentu dapat meningkatkan kontribusi perempuan pekerja di berbagai bidang kerja. Menanggapi hal tersebut, Fourina Yudhasari, Standard & Resources Management Manager Trakindo menjelaskan, “Lingkungan kerja aman dan nyaman adalah faktor penting yang membuat saya dapat bertahan bekerja di industri yang didominasi oleh laki-laki. Baik itu kondisi yang disediakan perusahaan, maupun gestur dari rekan kerja yang selalu mendukung pekerjaan yang saya lakukan tanpa membeda-bedakan. Sejak pertama bergabung hingga saat ini saya dipercaya membawahi ribuan teknisi yang mayoritas laki-laki, pemikiran yang saya suarakan dan keputusan yang saya ambil selalu dihormati.”

Ira Dhamayanti Kamal, Learning & Talent Development Manager Trakindo, juga membagikan pengalamannya mengoptimalkan sudut pandang perempuan dalam meningkatkan daya saing perusahaan. “Kami di Trakindo berkomitmen selalu memenuhi kebutuhan pelanggan kami. Tak berhenti di sini, kami ingin dapat melakukan lebih dan memberikan pengalaman (customer experience) yang memuaskan bagi mereka. Sebagai perempuan yang bertanggung jawab terhadap pengembangan kapabilitas karyawan, saya melihat pentingnya menjalin hubungan baik dengan pelanggan, selain tentunya unggul di sisi teknis. Hal ini kami wujudkan dengan menambahkan fokus pada kurikulum soft skill seperti cara berkomunikasi dengan efektif, melakukan presentasi, dan memberikan layanan konsultatif kepada pelanggan,“ tutur Ira.

Menjadi salah satu garis depan perusahaan, Ade Ayu, Operator Trainer dari Trakindo cabang Palembang menjelaskan bahwa kepercayaan diri dan kegigihan menjadi bekal utama untuk terus mengembangkan diri. “Bekerja di industri yang didominasi pekerja laki-laki memiliki tantangan tersendiri bagi perempuan. Namun, kita memiliki kesempatan yang sama untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri. Karenanya, penting untuk memiliki semangat belajar yang kuat dan pantang menyerah dalam memajukan diri, sembari tetap menjaga jati diri sebagai perempuan,” jelas Ade.

Peran penting perempuan di dunia kerja, tak hanya memberikan konstribusi positif bagi dirinya dan perusahaan, tapi juga secara luas kepada kaum perempuan dan kemajuan bangsa. “Kami berharap acara ini mampu membangkitkan potensi dan rasa percaya diri perempuan Indonesia dan Kartini-kartini di industri lainnya untuk terus semangat berkarya tak kenal putus asa, mengembangkan diri di bidang pekerjaan yang mereka tekuni,” tutup Ferry.

Selain berbagi inspirasi, peserta Bincang PERSpektif Trakindo yang kali ini didominasi oleh perempuan juga berkesempatan untuk melihat dunia alat berat lebih dekat dan merasakan langsung pengalaman mengoperasikan alat berat hydraulic excavator kelas 20 ton jenis terbaru yaitu Cat 320 Next Generation. Sesuai dengan namanya Next Generation, produk ini telah dilengkapi dengan beragam teknologi masa depan dengan performa terbaik di kelasnya, dimana mampu memberikan kemudahan pengoperasian bagi penggunanya dengan hasil yang lebih maksimal dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. (bvi)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BISNIS

Tiga Keuntungan Berinvestasi di Nuvasa Bay

Published

on

Sinar Mas Land terus melakukan upaya pengembangan proyek Nuvasa Bay seluas 228 hektar menjadi kota mandiri terbesar dan terlengkap di Batam.

Femme.id, Jakarta – Sebagai developer terbesar di Indonesia, Sinar Mas Land terus melakukan upaya pengembangan proyek Nuvasa Bay seluas 228 hektar menjadi kota mandiri terbesar dan terlengkap di Batam. Dengan perencanaan yang matang, Nuvasa Bay Batam akan memberikan tiga keuntungan bagi para investornya.

Margiman, Division Head Batam & Karawang Sinarmas Land menjelaskan bahwa keuntungan pertama berinvestasi di Nuvasa Bay adalah keuntungan modal atau capital gain dari kenaikan nilai propertinya. Salah satu potensi keuntungan ini dilihat dari strategisnya lokasi Nuvasa Bay di area Nongsa, yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit dari Singapura melalui Terminal Feri Nongsa Pura, 15 menit dari Bandara Internasional Hang Nadim, dan kedepannya hanya 15 menit menuju Nuvasa Bay dari Batam Center melalui jembatan outer ring road.

“Keuntungan kedua yang diperoleh adalah Nuvasa Bay sebagai rumah untuk berlibur (holiday home) bagi keluarga. Nuvasa Bay memiliki garis pantai sepanjang 1,2 km dan menawarkan beragam aktivitas yang memberikan pengalaman berbeda bagi pemilik properti disana. Pemandangan alam yang luar biasa indah menghadap birunya pantai Nongsa, dan hijaunya lapangan golf Palm Springs, serta wahana permainan keluarga Seaforest Adventure, menjadikan Nuvasa Bay sebagai tempat ideal untuk berlibur bersama keluarga,” jelas Margiman.

Menurutnya, hunian The Nove Batam merupakan klaster pertama Nuvasa Bay yang menawarkan beragam fasilitas untuk dapat dinikmati oleh para pemiliknya, seperti kolam renang, gym, sky garden, jogging track, taman, dan banyak fasilitas lainnya.

“Para pemilik unit juga bisa menikmati keindahan pantai dengan pemandangan yang langsung mengarah ke Singapura, berolahraga di Palm Springs Golf, atau menikmati aktivitas seru di Sea Forest Adventure bersama keluarga,” ungkapnya.

Potensi besar lain dari memiliki properti Nuvasa Bay Batam adalah peluang untuk menyewakan properti kepada wisatawan. “Nongsa saat ini merupakan area destinasi pariwisata unggulan di Batam yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara, sehingga resort bernuansa alam menjadi keunggulan yang bisa ditonjolkan di sini. Dinas Pariwisata Kota Batam pun terus memberikan dukungannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Nongsa. Ke depannya, tak bisa dipungkiri potensi Nongsa akan semakin terlihat,” papar Margiman.

“Terlebih Nuvasa Bay saat ini memiliki salah satu lapangan golf terbaik di Batam, Palm Springs Golf. Dengan pemain yang datang dari berbagai negara, maka kebutuhan akan penginapan akan semakin meningkat, dan ini menjadi kesempatan yang potensial bagi pemilik unit The Nove untuk menyewakan hunian mereka,” lanjutnya.

Selain sebagai destinasi pariwisata, area Nongsa juga akan dikembangkan sebagai kawasan pengembangan ekonomi digital, khususnya start-up, sehingga akan menarik banyak tenaga kerja.

“Satu hal lagi, bahwa potensi sewa properti di Nuvasa Bay sangat tinggi. Selain karena banyaknya pemain asing yang main di lapangan golf Palm Springs yang membutuhkan tempat menginap, saat ini juga Nongsa menjadi pusat pengembangan ekonomi digital di Batam. Para pekerja digital ini tentu membutuhkan hunian yang dapat memenuhi kebutuhan mereka, dan The Nove @ Nuvasa Bay adalah pilihan yang tepat,” tutup Margiman. (tim)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

BISNIS

Tips Tepat Memilih Investasi Properti

Published

on

Alasan berinvestasi di sektor properti adalah potensi untuk melakukan leverage. Artinya investor dapat melipatgandakan keuntungannya dengan menggunakan modal yang jauh dibawah nilai propertinya.

Femme.id, Jakarta – Bukan hanya sebagai kebutuhan primer, tapi keberadaan properti kini sudah mulai menjadi alternatif investasi yang menjanjikan. Contoh yang paling sering ditemui berupa investasi sewa apartemen, rumah, ruko, kios hingga sewa lahan. Pakar Investasi Properti, Margiman pun menilai bahwa sebelum menanamkan modal untuk berinvestasi terutama properti, Investor harus mengetahui beberapa alasan utama orang berinvestasi di sektor ini.

“Yang pertama adalah permintaan properti di lokasi yang strategis umumnya lebih besar dari persediaan. Luas tanah di muka bumi ini akan selalu tetap dan untuk menjadikan suatu lokasi menjadi strategis dibutuhkan waktu yang panjang and biaya yang sangat besar (misalkan untuk membuat akses tol, jalur MRT/LRT). Sementara disisi lain jumlah penduduk dan kebutuhannya tentu akan mengalami penambahan. Maka dari itu, ketersediaan properti di lokasi strategis yang terbatas ini memiliki nilai yang yang terus meningkat,” jelas Margiman.

Alasan yang kedua adalah investor bisa mendapat dua jenis potensi keuntungan. “Satu, keuntungan modal atau capital gain dari kenaikan nilai propertinya. Keuntungan ini baru akan diperoleh saat investor tersebut menjual propertinya di waktu yang tepat. Keuntungan kedua didapat dari pemasukan tahunan sewa propertinya atau pendapatan lainnya yang berasal dari properti tersebut. Atau yang biasa disebut keuntungan arus kas atau cash flow,” tambah pria asal Bandung ini.

Selain itu, alasan berinvestasi di sektor properti adalah potensi untuk melakukan leverage. Artinya investor dapat melipatgandakan keuntungannya dengan menggunakan modal yang jauh dibawah nilai propertinya. Misalkan, saat ada peluncuran produk baru, seringkali developer memberikan cara bayar yang ringan, seperti cicilan uang muka kemudian pelunasan. Jadi investor bisa saja hanya mengeluarkan modal 20% untuk kemudian mendapatkan keuntungan dari kenaikan nilai propertinya saat dialihkan ke pembeli lain.

“Contoh lain, karena luas lahan di lokasi yang strategis terbatas maka investor yang sudah memiliki properti di lokasi tersebut bisa meningkatkan nilai aset yang dimiliki dengan hanya menambah luas bangunannya. Misalkan rumah satu lantai menjadi dua lantai. Maka otomatis keuntungan dari menyewakan properti tersebut pun akan bertambah,” kata pria yang sudah 30 tahun menggeluti bidang properti ini.

Di luar tiga alasan tersebut, yang perlu dipahami juga adalah model bisnis properti merupakan investasi jangka panjang. Artinya, sang investor perlu beberapa waktu untuk dapat menikmati keuntungan dari investasinya ini.

Tak hanya memerlukan waktu yang cukup panjang, bisnis properti juga butuh modal yang tidak sedikit. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk menggeluti bisnis atau berinvestasi di bidang properti, sebaiknya investor memerhatikan beberapa tips yang penting ini.

Tips pertama, carilah potensi lokasi yang strategis. “Faktor utama yang mendorong peningkatan nilai properti dimulai dari letak lokasi yang dipilih. Salah satu indikator lokasi yang strategis, adalah pertumbuhan permintaan di lokasi tersebut. Perlu diperhatikan hal-hal unik di lokasi tersebut yang menyebabkan pertumbuhan permintaan tersebut, misakan akses tol, keberadaan fasilitas Pendidikan yang favorit, ketersediaan transportasi umum yang nyaman dan sebagainya

Tips kedua, perhatikan kontinuitas pengembangannya dimasa depan. “Selain lokasi, faktor selanjutnya yang menentukan bertahan lama tidaknya bisnis properti adalah rencana pengembangan suatu wilayah di masa depan. Bisnis dikatakan bisa bertahan dalam jangka panjang jika dianggap bernilai dan memertimbangkan rencana pengembangan di masa depan. Misalnya, wacana akan diadakannya pelebaran infrastuktur jalan atau pembangunan fasilitas umum atau bahkan perencanaan untuk pengembangan menjadi kota baru mandiri,” ujarnya.

Ia juga menambahkan, bahwa investor harus peka mengetahui selera pasar. Investor harus pintar-pintar mengetahui selera pasar. Contohnya, mengetahui tren apa yang sedang berkembang dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar. Sehingga, produk properti yang ditawarkan sesuai dengan trend tersebut dan diminati oleh banyak orang.

Selain itu, tips berikutnya adalah kenali pesaing. “Tak kalah pentingnya, investor juga harus mengenal baik siapa kompetitornya. Untuk dapat bersaing secara sehat tanpa menghalalkan segala cara, investor harus menggali informasi penting seputar kekuatan dan kekurangannya misalkan menggunakan metode SWOT. Dengan demikian agar investor tidak tertinggal dengan pesaing dalam menawarkan propertinya” tambah Margiman.

Tips tambahan yang sering terlupakan adalah mengevaluasi rencana dari investasi tersebut. “Sejauh mana rencana tersebut masih relevan dengan situasi yang ada. Misalkan satu lokasi di masa lalu sangat strategis dan diminati banyak pembeli. Namun arah pengembangan kota atau hadirnya investor besar di lokasi lain, menjadikan lokasi tersebut menjadi kurang strategis. Maka Investor harus berani melakukan switching dari properti yang dimilikinya dengan properti yang memiliki potensi yang lebih baik di masa mendatang.

Misalkan, dalam konteks investasi di Batam, Nuvasa Bay yang dikembangkan oleh Sinarmas Land diposisikan sebagai the new face of Batam. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan bahwa Nuvasa Bay Batam sebagai salah satu potensi investasi properti pilihan yang menguntungkan dimasa mendatang. (*)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

BISNIS

HSBC Business Case Competition 2019 Siapkan Milenial Hadapi Tantangan Bisnis di Era Baru

Published

on

Sebagai bentuk komitmen untuk membentuk talenta masa depan yang inovatif dan solutif dalam memecahkan kasus-kasus manajemen nyata yang ada di korporasi, PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) bersama Putra Sampoerna Foundation (PSF) kembali menggelar HSBC Business Case Competition di Jakarta pada 27 dan 29 April 2019.

Femme.id, Jakarta – PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) bersama Putra Sampoerna Foundation (PSF) kembali menggelar HSBC Business Case Competition. Gelaran yang ke-enam ini kian mengukuhkan komitmen untuk membentuk talenta masa depan yang inovatif dan solutif dalam memecahkan kasus-kasus manajemen nyata yang ada di korporasi.

Generasi muda sebagai penerus bangsa memiliki peran penting dalam menghadapi tantangan bisnis di era baru. Data Bank Dunia pada Oktober 2018 terkait peringkat Indeks Modal Manusia atau Human Capital Index (HCI) menyebutkan bahwa Indonesia menempati peringkat 87 dari 157 negara, sementara negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia yang menempati peringkat 11 dan 33. Bank Dunia pun menilai perlu adanya penguatan modal manusia untuk memperkuat potensi bangsa.

Sebagai bagian dari upaya keberlanjutan serta untuk memastikan kelangsungan bisnis jangka panjang, HSBC Indonesia mamahami pentingnya peningkatan kualitas modal sumber daya manusia, sebagai talenta pemimpin di masa depan. Kerjasama dengan PSF dalam menyelenggarakan kompetisi ini menjadi salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut.

Presiden Direktur PT Bank HSBC Indonesia Sumit Dutta mengatakan, “Dengan perkembangan teknologi yang pesat, diperlukan berbagai keterampilan guna memaksimalkan potensi di lingkungan kerja. HSBC Business Case Competition dapat menjembatani dunia akademik yang dihadapi oleh mahasiswa dengan masalah nyata di dunia korporasi. Tujuannya agar mereka memahami dan lebih siap untuk menghadapi tantangan korporasi di era baru. Melalui kompetisi ini, para peserta akan dibimbing untuk dapat berpikir secara kritis sehingga mereka dapat memberikan solusi untuk studi kasus nyata dari dunia bisnis. ”

Sumit Dutta menambahkan bahwa bagian terpenting dari upaya keberlanjutan PT Bank HSBC Indonesia saat ini difokuskan pada keterampilan masa depan, guna memberikan pembelajaran dan pengembangan terkini di industri bagi generasi muda agar dapat bersaing secara kompetitif sekarang dan di masa yang akan datang.

Sementara itu, Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia Nuni Sutyoko mengatakan “Lebih dari sebuah kompetisi, program ini merupakan rangkaian pembelajaran yang berharga untuk seluruh peserta. Serangkaian kegiatan akan dilalui oleh para peserta pada saat penyelenggaraan HSBC Business Case Competition dimulai dari karantina, coaching class, brainstorming hingga presentasi untuk pemecahan masalah, kami menyediakan pelatihan yang komprehensif”

Di program ini, jelas Nuni lagi, “Para peserta akan dilatih untuk dapat meningkatkan keahlian khusus yang nantinya akan sangat berguna di dunia kerja. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan untuk berpikir secara kritis, analitis, kreatif, inovatif dan komunikatif, dengan keahlian presentasi yang memadai.”

HSBC Business Case Competition merupakan ajang bergengsi bagi mahasiswa Strata Satu (S1) dari fakultas ekonomi dan bisnis yang berasal dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Tahun ini, akan ada 15 tim perwakilan universitas yang berasal dari area Jabodetabek, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya dengan melibatkan para juri dari jajaran eksekutif perusahaan dan para ahli di bidang bisnis dan korporasi. Pemenang dari HSBC Business Case Competition akan mewakili Indonesia melawan tim dari negara-negara Asia Pasifik dan sekitarnya dalam ajang Business Case Competition tingkat internasional di Hong Kong pada Juni 2019.

Gelaran acara HSBC Business Case Competition 2019 juga diperkaya dengan seminar bertema “Recognizing Innovative Ways of Working” (Meninjau Cara Kerja Inovatif Masa Kini). Wahyoe Soedarmono selaku Project Manager Program Kerjasama HSBC-PSF menjelaskan, seminar ini akan membahas tentang bagaimana tren dan budaya kerja masa kini yang ternyata tidak hanya ditemukan di perusahaan progressive, namun juga dapat ditemukan pada korporasi dan industri bank. “Kami berharap seminar ini bisa menjadi gambaran nyata tentang dunia kerja dan budaya kerja seperti apa yang paling sesuai dengan preferensi dari masing-masing individu,” jelas Wahyoe.

Hal tersebut juga didukung dengan hasil penelitian dari McKinsey Global Institute juga menjelaskan bahwa inovasi di lingkungan kerja mampu meningkatkan produktivitas sebesar 20-25%. “Maka dari itu, sebuah perusahaan harus bisa menyesuaikan dan memahami tren dan budaya kerja masa kini dengan berbagai inovasi yang menarik. Meliputi suasana kerja yang nyaman, fleksibel, santai dan menarik dengan ruang kerja tanpa sekat sebagai pendekatan cara kerja baru yang mampu meningkatkan produktivitas karyawan, khususnya kaum milenial,” tutup Wahyoe.

Di HSBC, keberlanjutan diartikan sebagai upaya membangun bisnis jangka panjang dengan senantiasa memperhatikan pertimbangan sosial, lingkungan dan ekonomi dalam berbisnis. Hal ini turut memacu kegiatan usaha seraya berkontribusi bagi pertumbuhan serta kelestarian masyarakat. HSBC memberikan kontribusi finansial untuk berbagai program kemasyarakatan di dunia dan melibatkan ribuan karyawan di seluruh dunia untuk menyumbangkan waktu dan keterampilan mereka dalam program relawan. Titik berat investasi kemasyarakatan PT Bank HSBC Indonesia adalah program Keterampilan abad 21, jejaring dan usaha berkelanjuatan serta keuangan yang berkelanjutan. (bvi)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.