Connect with us

Digital

Debat Capres Terakhir Diramaikan Lebih dari Sejuta Cuitan

Published

on

Debat kelima Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).

Femme.id, Jakarta – Mikroblog Twitter mencatat lebih dari sejuta cuitan mewarnai platform mereka selama Debat Calon Presiden terakhir yang berlangsung Sabtu (13/4/2019) lalu.

Twitter Indonesia dalam keterangan resmi, Senin (15/4/2019), mengumumkan bahwa terdapat lebih dari 1,3 juta cuitan tentang debat terakhir. Puncak percakapan terjadi pada pukul 22.00 dengan jumlah cuitan hampir 181.000 per menit.

Isu ekonomi, sosial, keuangan dan industri dalam debat terakhir sebelum hari H Pemilu tersebut diisi oleh berbagai tanda pagar, cuitan serius hingga cuitan ringan atau populer disebut “receh” di dunia maya.

Twitter mencatat terdapat sepuluh tanda pagar yang populer selama debat Capres kelima, berisi dukungan untuk masing-masing pasangan.

Tagar populer lainnya berkaitan dengan Pemilu dan debat, antara lain #Pemilu2019, #Pilpres2019, #DebatTerakhirPilpres2019, #DebatPilpres2019 dan #DebatKelimaPilpres2019.

Masing-masing pasangan calon memiliki bahasan yang ramai ditanggapi warganet di Twitter. Pertanyaan Jokowi kepada paslon 02 mengenai eSports Mobile Legends merupakan salah satu topik yang banyak mendapatkan respons warganet.

Sementara itu, Sandiaga Uno juga disorot warganet karena kembali mengisahkan hidup rakyat, mulai dari Ibu Nurjanah hingga seorang milenial bernama Rahman.

Twitter menyarankan warganet untuk memantau informasi mengenai Pemilu 2019 di akun resmi @KPU_ID dan @bawaslu_RI, sementara akun resmi masing-masing kandidat adalah @jokowi, @prabowo dan @sandiuno. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Digital

Instagram Buat Stiker Kuis di Stories

Published

on

Beri nama kuis dan masukkan 2 hingga 4 pilihan jawaban, salah satu dari opsi tersebut merupakan jawaban yang benar.

Femme.id, Jakarta – Instagram memperkenalkan fitur interaktif terbaru bernama Stiker Kuis yang dapat dipasang di platform Stories.

Stiker Kuis, kata Instagram dalam keterangan pers, merupakan cara pengguna untuk mengekspresikan hal-hal yang mereka sukai serta menguji seberapa baik para pengikut mereka tahu tentang diri mereka.

“Para pelaku usaha kecil menengah juga dapat menggunakan fitur interaktif terbaru dari Instagram ini untuk mengadakan kuis berhadiah bagi para pelangganya,” kata Instagram.

Cara memakai Stiker Kuis di Stories, pengguna bisa mengambil foto atau video yang ingin dibagikan lewat Stories. Tambahkan Stiker Kuis dari galeri stiker, dapat diakses melalui ikon smiley di sudut kanan atas.

Beri nama kuis dan masukkan 2 hingga 4 pilihan jawaban, salah satu dari opsi tersebut merupakan jawaban yang benar.

Bagikan kuis tersebut dalam Stories, pengguna bisa melihat respons dari pengikut mereka melalui daftar penonton. Pengikut juga bisa melihat jawaban yang benar setelah mereka ikut kuis.

Stories di Instagram pertama kali diperkenalkan pada 2016, saat ini telah digunakan oleh 500 juta pengguna Instagram secara global.

Stiker Kuis melangkapi fitur interaktif lain yang lebih dulu ada di Instagram Stories, seperti Poll Sticker, Questions Sticker dan Emoji Slider. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Digital

Google Duo Tambah Fitur Penghemat Data

Published

on

Fitur penghemat data Google Duo itu diklaim dapat menghemat konsumsi data untuk video sekitar 40 persen.

Femme.id, Jakarta – Google Duo, aplikasi panggilan video buatan Google, menambah serangkaian fitur baru untuk memperkaya layanan di aplikasi tersebut, salah satunya berupa penghemat data atau saving mode.

“Fitur ini dirancang untuk penggunaan di negara seperti Indonesia dan India,” kata Manajer Produk Duo, Humberto Castaneda, melalui sambungan video kepada wartawan di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Google Duo merupakan aplikasi komunikasi yang dibuat hanya untuk panggilan video. Layanan itu berbeda dengan aplikasi lain seperti WhatsApp dan Line yang memiliki opsi pesan teks, panggilan suara, dan panggilan video.

Google mengutamakan kualitas koneksi dan gambar dalam aplikasi Duo.

Fitur penghemat data di Google Duo dapat diaktifkan dan dimatikan secara manual. Jika aktif, Google secara otomatis akan menurunkan resolusi video, tapi mereka mengklaim tidak mengurangi kualitas video.

Fitur penghemat data Google Duo itu diklaim dapat menghemat konsumsi data untuk video sekitar 40 persen.

Google Duo kini juga memiliki panggilan kelompok (group calling) maksimal berjumlah empat orang dalam satu kali panggilan. Tidak seperti aplikasi lain yang menawarkan lebih banyak anggota saat panggilan kelompok, Google berpendapat para pengguna seringkali melakukan panggilan video hanya dengan orang-orang terdekat.

Pengguna Google Duo di Indonesia, berdasarkan data Google Indonesia, mengaku melakukan video call karena rindu. Mereka menghubungi pasangan (48 persen) dan keluarga (40 persen) melalui panggilan video.

Google berencana menambah anggota group calling menjadi delapan orang pada beberapa bulan mendatang.

Google Duo juga menyediakan opsi untuk mengirim pesan video jika pengguna tidak memiliki banyak waktu untuk mengobrol melalui video call. Pengguna bisa langsung merekam video melalui aplikasi Google Duo, memberi teks atau coretan dalam video tersebut dan mengirim ke kontak yang diinginkan.

Google Duo juga merambah ke panggilan video melalui situs duo.google.com sehingga pengguna memiliki opsi untuk melakukan panggilan video melalui ponsel atau komputer.

Google tidak menyebutkan jumlah pengguna aplikasi panggilan video tersebut di Indonesia. Tapi, menurut data mereka, pengguna Google Duo di Indonesia merupakan yang terbanyak ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan India. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Digital

Aktivitas di Twitter Naik Selama Ramadan, Ini Topik Terpopulernya

Published

on

Berdasarkan data Twitter, terdapat peningkatan lebih dari 50 persen dalam durasi penggunaan platform tersebut selama Ramadan.

Femme.id, Jakarta – Twitter Indonesia, berdasarkan data mereka tahun lalu, melihat pertambahan aktivitas mencuit di platform mikroblog tersebut selama bulan Ramadan.

“Terdapat 133 juta cuitan tentang Ramadan di Indonesia pada 2018,” kata Country Industry Head Twitter Indonesia and Malaysia, Dwi Ardiansah, kepada media di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Jumlah cuitan saat bulan Ramadan naik dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Umumnya warganet mencuit saat waktu sahur dan frekuensinya terus meningkat hingga waktu berbuka puasa.

Berdasarkan data Twitter, terdapat peningkatan lebih dari 50 persen dalam durasi penggunaan platform tersebut selama Ramadan.

Warganet biasanya mulai ramai membicarakan Ramadan dua minggu sebelum puasa.

“Momen emas di Twitter saat hari pertama Ramadan dan hari pertama Lebaran,” kata dia.

Twitter mencatat terdapat tiga topik terpopuler yang dibicarakan sepanjang bulan Ramadan.

1. Mudik

Perjalanan pulang ke kampung halaman mendapatkan sekitar 3 juta cuitan dari warganet. Mereka menceritakan pengalaman mudik mereka seperti terjebak macet.

Warganet mulai membicarakan mudik mulai dua minggu sebelum Ramadan dan puncaknya sekitar seminggu sebelum Lebaran.

2. Makanan

Menurut analisis Twitter Indonesia, warganet gemar membagikan pengalaman mereka mengenai makanan, misalnya momen berbuka puasa dan reuni dengan teman-teman.

3. Belanja

Ramadan umumnya merupakan masa-masa terbesar konsumen mengeluarkan uang untuk berbelanja. Selama Ramadan, pengguna Twitter antara lain membeli pakaian, tiket pesawat, benda elektronik, ponsel, furnitur dan perhiasan. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.