Connect with us

Fashion

Kemenperin Tingkatkan Kapasitas IKM Fesyen Muslim Ikuti Industri 4.0

Published

on

Pelaku IKM fesyen muslim harus memiliki strategi yang tepat baik dalam aspek bisnis, desain, dan branding, sehingga para pelaku IKM fesyen muslim dapat mengembangkan usahanya.

Femme.id, Bandung – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) saat ini sedang merumuskan konsep implementasi Industri 4.0 untuk industri fesyen muslim agar Industri Kecil Menengah (IKM) di sektor tersebut dapat merasakan manfaatnya.

“Revolusi industri 4.0 merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan, namun menjadi peluang baru, sehingga Indonesia perlu mempersiapkan diri,” kata Direktur IKM Kimia, Sandang, Kerajinan dan Industri Aneka Kementerian Perindustrian E Ratna Utarianingrum, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/3/2019).

Ditemui seusai membuka pelatihan pengembangan kapasitas bagi IKM Fesyen Muslim di Kota Bandung, Ratna mengatakan dunia industri dan manufaktur tengah bersiap menghadapi Revolusi Industri 4.0 yang mengintegrasikan dunia daring dengan lini produksi di industri.

Dia mengatakan Industri 4.0 mengacu pada peningkatan otomatisasi, komunikasi antar-mesin dan antar-manusia dan mesin, artificial intelligence, serta pengembangan teknologi berkelanjutan.

Kemenperin, kata dia, terus berupaya mempersiapkan para pelaku IKM fesyen muslim di Indonesia untuk bisa menghadapi persaingan pasar global dan era Industri 4.0, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan capacity building bagi IKM fesyen Muslim di Kota Kembang, Bandung.

Berbeda dengan pelatihan yang biasa diberikan bagi para pelaku IKM pemula yang berfokus pada teknik dasar produksi, kegiatan capacity building yang diikuti oleh 25 pelaku IKM fesyen muslim tersebut menitikberatkan pada pengembangan soft skill para pelaku IKM fesyen muslim dalam mengelola bisnis mereka.

Materi yang disampaikan meliputi perkiraan tren, pengembangan produk, strategi bisnis dan merek, dan bisnis fesyen.

“Peluang pasar fesyen muslim yang sangat besar mendorong para desainer-desainer dari negara yang bukan mayoritas penduduk muslim untuk turut menjajal meluncurkan lini produk fesyen muslim. Hal ini tentunya harus diperhatikan oleh para pelaku industri fesyen muslim di Indonesia,” kata Ratna.

Ia menambahkan pelaku IKM fesyen muslim harus memiliki strategi yang tepat baik dalam aspek bisnis, desain, dan branding, sehingga para pelaku IKM fesyen muslim dapat mengembangkan usahanya serta mampu bersaing di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Peserta pelatihan yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Cimahi, dan Kota Tasikmalaya. sebagian peserta juga merupakan alumni dari Islamic Fashion Institut Indonesia (IFI), peserta Kegiatan Inkubator Bisnis Politeknik Sekolah Tinggi Teknologi Tekstil (STTT) Bandung, serta desainer peserta kegiatan Modest Fashion Project (MOFP).

Para peserta adalah para pelaku usaha IKM fesyen muslim yang sudah memiliki merk atau brand, para peserta pelatihan tersebut sebelumnya telah diseleksi berdasarkan kualitas produk dan merek yang dibangun, sehingga diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini peserta dapat mengembangkan bisnis mereka lebih mandiri dan berdaya saing. (asd)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fashion

Daftar 27 Pusat Belanja yang Adakan Midnight Sale

Published

on

Kuningan City akan menggelar Midday Madness Sale Shopping Spree dengan menawarkan diskon hingga 80 persen pada Jumat, 24 Mei 2019 mulai pukul 12 siang hingga 18.00.

Femme.id, Jakarta – Sebanyak 27 pusat belanja di Jakarta akan menggelar Midnight Sale yakni ajang pesta diskon yang biasanya dimulai jelang tengah malam dalam rangkaian Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2019.

“Tips berbelanja saat Midnight Sale adalah jangan datang ke mal pas jam Midnight Sale tapi luangkan waktu untuk memilih barang dan ngepas-ngepasin ukuran. Saat jam Midnight Sale dimulai baru antre di kasir, itu akan menghemat waktu dan tenaga,” kata ketua Asosiasi Pengelosa Pusat Belanja Indoesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat di PIK Avenue, Jakarta Utara, Rabu (15/5/2019).

Ke-27 pusat belanja yang menggelat Midnight Sale di antaranya adalah: Grand Indonesia yang menggelar Midnight Sale pada Jumat 24 Mei 2019 dan Sabtu 25 Mei 2019, Plaza Atrium pada Sabtu 25 Mei 2019, Plaza Indonesia pada Jumat 24 Mei 2019 dan Sabtu 25 Mei 2019, Senayan City pada Sabtu 25 Mei 2019 dan Minggu 26 Mei 2019.

Di Jakarta Selatan, pusat belanja yang menyelenggarakan Midnight Sale pada hari Sabtu (25 Mei 2019) di antaranya: Kalibata City Square, Plaza Blok M, One Belpark Mall, Kota Kasablanka, Lippo Mall Kemang dan Plaza Semanggi.

Kuningan City akan menggelar Midday Madness Sale Shopping Spree dengan menawarkan diskon hingga 80 persen pada Jumat, 24 Mei 2019 mulai pukul 12 siang hingga 18.00. Transmart Cilandak menggelar Midnight Sale selama dua hari Sabtu, 25 Mei 2019 dan Minggu, 26 Mei 2019. Sementara Pejaten Village meggelar Midnight Sale pada Sabtu, 25 Mei 2019 dan Kamis, 30 Mei 2019.

Jakarta Barat hanya akan diikuti oleh dua pusat belanja yakni Central Park Neo Soho pada Sabtu, 25 Mei 2019 dan Minggu, 26 Mei 2019 serta Lippo Mall Puri pada Sabtu, 25 Mei 2019.

Di Jakarta Utara, Mal Kelapa Gading, dan Mal Of Indonesia, menggelar Midnight Sale pada Sabtu, 25 Mei 2019.​​​​​​​

Baywalk Mall dan Emporium Pluit Mall menggelar Midnight Sale pada Sabtu, 1 Juni 2019.

Sementara PIK Avenue akan menggelar pesta diskon tengah malam selama dua hari yakni Sabtu, 25 Mei 2019 dan Sabtu, 1 Juni 2019.

Berbeda dengan pusat belanja lain, Mal Artha Gading Gading menggelar One Day Sale sejak pukul 11.00 hingga 22.00 wib pada Sabtu, 25 Mei 2019.

Pluit Village menggelar The Great 2 Days Sale pada Sabtu, 25 Mei 2019 dan Minggu, 26 Mei 2019.

Di Jakarta Timur, Cibubur Junction dan AEON Mall Jakarta Garden City menggelar Midnight Sale pada Sabtu 25 Mei 2019.​​​​​​​

Lippo Plaza Kramat Jati dan Lippo Kramat Jati menggelar Midnight Sale pada Sabtu, 1 Juni 2019.

​​​​​​​Sementara Mall @Bassura The Great menggelar 2 Days Sale pada Sabtu, 25 Mei 2019 dan Minggu, 26 Mei 2019. (ida)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Fashion

Pesta Diskon Jakarta Great Sale 2019 Digelar 25 Mei

Published

on

"Shopping Spirit", FJGS tahun ini menawarkan diskon hingga 70 persen dari 82 peserta yang terdiri dari pusat belanja di seluruh DKI Jakarta.

Femme.id, Jakarta – Ajang pesta diskon tahunan di DKI Jakarta yakni Festival Jakarta Great Sale (FJGS) 2019 akan digelar selama satu bulan penuh dimulai pada 25 Mei hingga 23 Juni 2019.

Mengusung tema “Shopping Spirit”, FJGS tahun ini menawarkan diskon hingga 70 persen dari 82 peserta yang terdiri dari pusat belanja di seluruh DKI Jakarta.

“Kita ingin membidik millenial yang katanya sulit didekati. Makanya tahun ini kita mencoba untuk lebih milenial misalnya dengan pakai tema poster yang lebih anak muda,” kata ketua Asosiasi Pengelosa Pusat Belanja Indoesia (APPBI) DPD DKI Jakarta Ellen Hidayat di PIK Avenue, Jakarta Utara, Rabu (15/5/2019).

Tujuannya supaya millenial ini tidak hanya mengartikan belanja sebagai sesuatu yang konsumtif tapi lebih ke bagaimana berbelanja cerdas memilih barang yang berkualitas dengan harga yang efisien,” kata dia.

Tahun lalu, FJGS yang digelar pada 12 Agustus hingga 4 September 2018 mampu meraup keuntungan penjualan ritel hingga Rp3,95 triliun dari target Rp3-4 triliun.

Sama seperti tahun ini, FJGS 2018 diikuti oleh 82 mal di Jakarta dengan lebih dari 2000 toko.

Pameran UKM Dekranasda

Seperti tahun-tahun sebelumnya, FJGS kali ini juga akan menampilkan produk-produk karya kerajinan UKM Dekranasda Provinsi DKI Jakarta.

Akan ada delapan pusat belanja dan trade center yang turut memamerkan produk UKM Dekranasda Provinsi DKI Jakarta yakni Grand Indonesia, Senayan City, Gandaria City, Kota Kasablanka, Lippo Mall Kemang, Lippo Mall Puri, Mall Kelapa Gading, dan AEON Mall Jakarta Garden City.

Selain itu, sebanyak 34 gerai pasar yang dikelola Perumda Pasar Jaya di DKI Jakarta juga akan turut memeriahkan pesta diskon ini. (ida)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Fashion

Jilbab Khusus untuk Perempuan Berjiwa Petualang

Published

on

Berbagai inovasi desain dan teknologi disematkan agar pengguna merasa nyaman, seperti teknologi Tropic Dry dan Tropic Odor pada ActiEVE Hijab Sport.

Femme.id, Jakarta – Setelah ada kerudung dan busana olahraga untuk muslimah, tiba giliran untuk perempuan penyuka kegiatan di alam bebas.

Produsen perlengkapan petualangan alam bebas Eiger mengeluarkan Hijab dan Women Series Full Range pada 2019 berdasarkan riset dan diskusi dengan perempuan pencinta alam yang mengenakan kerudung. Ini adalah penerus dari Hijab Headware yang dipasarkan tahun lalu dan mencatatkan hasil memuaskan.

“Hasil penjualannya sangat bagus bahkan selalu sold out. Dari kebutuhan konsumen tersebut, sepanjang 2018 kami melakukan riset dan penyempurnaan, yang akhirnya menjadi dasar untuk kami membuat produk Hijab full range di 2019,” tutur Harimula Muharam, GM Marketing PT. Eigerindo Multi Produk Industri, dalam keterangan pers, Selasa (14/5/2019).

Bukan cuma penutup kepala, ada juga t-shirt, base layer, legging, sweat pants, hoodie, sweater, sampai arm sleeve untuk para hijaber petualang. Produk-produk tersebut diklaim sudah memadai untuk kebutuhan pendakian gunung.

Ada sembilan varian yang dikeluarkan dalam seri ini. ActiEVE Hijab Sport (dapat dipakai untuk trekking, lari dan renang), Agleia Women Long Sleeve Base Layer, Agleia Active Legging, Gaia (Scuba Hoodie) Sweater, Women Hijab Series Hoodie, X-Coolen Sweat Pants, Agleia Arm Sleeve, Rectangular Hijab Daily Hijab, serta beraneka jenis T-shirt.

Berbagai inovasi desain dan teknologi disematkan agar pengguna merasa nyaman, seperti teknologi Tropic Dry dan Tropic Odor pada ActiEVE Hijab Sport.

Tropic Dry mempercepat penguapan sehingga tubuh tetap kering saat beraktivitas, mencegah hipotermia dan masuk angin. Sementara Tropic Odor mampu mencegah pertumbuhan mikroorganisme yang menyebabkan bau.

Hijab ini pun bisa digunakan bukan hanya untuk mendaki gunung, tapi bisa juga untuk fitness, berenang, panjat tebing, lari dan olahraga lainnya.

Inovasi lainnya adalah teknologi COOLMAX® yang diterapkan pada bahan hijab, arm sleeve, dan legging yang menjadikan pemakainya tetap merasa sejuk.

Pada X-Coolen Sweat Pants, material Poly Ripstop melindungi pemakai dari cipratan air, sekaligus tetap terasa hangat dengan material Poly Fleece.

Desain pun disesuaikan dengan kebutuhan para pegiat olahraga, seperti fitur earhole pada hijab untuk menyelipkan kacamata atau earset. Lalu ada juga fitur penutup kepala pada varian Gaia Sweater dengan model hoodie scuba yang dapat disesuaikan ukurannya, menjadikan pemakaian tetap terlihat sporty.

Tersedia pula produk pakaian ukura besar (XXL) pada EIGER Women Series untuk menambah varian pilihan. (nan)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.