Connect with us

Beauty

Keunggulan Kokon untuk Perawatan Kulit Wajah

Published

on

Kokon yang digunakan untuk perawatan wajah adalah kokon yang sama yang dimanfaatkan untuk membuat benang sutera.

Femme.id, Jakarta – Kokon atau kepompong ulat sutera memiliki pH atau derajat keasaman yang hampir sama dengan kulit manusia sehingga cocok digunakan untuk perawatan wajah menurut peneliti ulat sutera dari Badan Litbang dan Inovasi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Lincah Andadari.

Saat dihubungi di Jakarta pada Rabu (27/2/2019), ia menjelaskan bahwa karena derajat keasamannya sama dengan kulit manusia, penggunaan kokon untuk perawatan kulit wajah tidak akan membuat kulit kering dan iritasi.

Di samping itu, menurut dia, kokon mengandung asam amino dengan jumlah yang hampir sama dengan kulit manusia. Saat direndam, kokon akan mengeluarkan sericin, protein yang mengandung 18 asam amino baik untuk kulit.

“Kokon juga mengandung anti-bakteri yang bermanfaat melindungi jaringan kulit, serta kandungan fibroin yang merupakan protein dalam kulit kokon, sehingga kulit menjadi lembut dan berkilau,” kata Lincah.

Dia mengatakan sebaiknya kokon digunakan seminggu sekali untuk eksfoliasi, mengangkat sel kulit mati.

Kokon yang digunakan untuk perawatan wajah adalah kokon yang sama yang dimanfaatkan untuk membuat benang sutera.

Sebelum digunakan, kokon harus direndam dalam air hangat selama 10 hingga 15 menit.

Selain untuk melepas sericin, perendaman ditujukan untuk melunakkan kokon. Setelah lunak, masukan kokon ke dalam jari lalu usapkan ke lembut di wajah.

Kokon sudah lama digunakan oleh perempuan Jepang untuk merawat kulit, dan sekarang banyak digunakan oleh perempuan negara Asia seperti Jepang dan Korea untuk merawat kecantikan. (akf)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Beauty

Rawat kulit dari Sekarang agar Tampil Menawan saat Lebaran

Published

on

Kulit yang sehat adalah faktor penting dalam menentukan hasil akhir riasan.

Femme.id, Jakarta – Kunci penting agar riasan terlihat menawan saat Idul Fitri mendatang adalah memastikan kesehatan kulit sudah terjaga dengan baik.

Make up artist Vivi Thalib mengatakan kulit yang sehat adalah faktor penting dalam menentukan hasil akhir riasan.

“Sebelum make up, kulit harus dijaga dengan skin care,” ujar Vivi di Jakarta pekan ini.

Semakin sehat kulit wajah, maka semakin sempurna riasan menempel di muka.

Jika kulit tidak sehat, misalnya kering atau bahkan mengelupas, produk kosmetik mahal pun tak akan bisa diaplikasikan secara baik.

Pelembab dan tabir surya adalah beberapa yang wajib dipakai sehari-hari, apalagi untuk orang yang kekurangan cairan akibat berpuasa di negara tropis yang terik.

Untuk kaum Hawa yang secara rutin memakai riasan dalam keseharian, Vivi mengingatkan untuk selalu menggunakan produk perawatan kulit sebelum dan sesudah merias wajah.

“Sehingga kulit wajah menjadi rileks,” kata dia. (nan)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Beauty

Hati-Hati Cari Lipstik agar Bibir Tidak Menghitam

Published

on

Salah satu pertanda lipstik yang berisiko menghitamkan bibir adalah lipstik yang membuat bibir kering, bahkan hingga kulitnya mengelupas.

Femme.id, Jakarta – Lipstik dapat membuat penampilan lebih mencolok dan menarik, tapi Anda harus berhati-hati saat memilih pemulas bibir yang tepat untuk menghindari risiko warna bibir menjadi lebih gelap.

Tipe lipstik yang berisiko membuat bibir jadi menghitam adalah lipstik jenis matte, kata make up artist Laneige Chusfatun Chasanah.

“Pemakaian terus menerus, bukan yang sesekali, bisa membuat bibir jadi hitam,” kata Chusfatun di acara Laneige Beauty in Ramadhan, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Namun tidak semua lipstik matte berpotensi membuat bibir jadi menghitam. Chusfatun mengatakan salah satu pertanda lipstik yang berisiko menghitamkan bibir adalah lipstik yang membuat bibir kering, bahkan hingga kulitnya mengelupas.

Lipstik yang terlalu tahan lama juga tidak disarankan untuk kesehatan bibir.

“Lipstik yang enggak hilang-hilang warnanya dalam waktu lama, bahkan saat kita makan, itu berarti kandungan kimianya banyak,” kata dia.

Sudah terlanjur? Jangan terlalu khawatir karena masih ada solusi yang bisa diterapkan untuk mengembalikan kesehatan kulit.

Pakailah produk-produk pelembab bibir secara rutin seperti pelembab atau lip mask yang bisa mengangkat sel kulit mati juga mengembalikan warna jadi alami. (nan)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Beauty

Cegah Kulit Kering Selama Puasa dengan Tiga Cara Ini

Published

on

Kulit kering, adalah kondisi umum pada kulit yang terjadi akibat kekurangan cairan pada lapisan laping luar pada kulit.

Femme.id, Jakarta – Asupan cairan yang berkurang selama berpuasa membuat kulit rentan mengalami dehidrasi. Bagaimana caranya agar kulit tetap lembab dan sehat selama Ramadhan?

Make up artist Vivi Thalib berbagi kiat untuk menjaga agar kulit wajah tidak kering selama berpuasa.

1. Pelembab

Upaya menjaga kulit tetap terhidrasi bisa dilakukan dari dalam maupun luar. Pelembab adalah cara menghindari kulit kering dari luar karena asupan dari dalam terbatas.

Vivi mengatakan pelembab adalah produk andalannya untuk menjaga kesehatan kulit saat sedang maupun tidak berpuasa.

“Aku selalu bawa pelembab ke mana-mana,” kata Vivi di acara Laneige Beauty in Ramadhan, Jakarta, Rabu (15/5/2019).

2. Rajin pakai produk perawatan kulit

Bukan cuma make up alias kosmetik yang harus jadi perhatian, produk-produk perawatan kulit juga penting untuk diaplikasikan secara rutin.

Rahasia dari riasan optimal, ujar Vivi, adalah kulit yang sehat. Vivi menyarankan untuk memakai produk perawatan kulit sebelum memakai riasan serta setelah menghapus riasan.

3. Minum air putih

Asupan cairan dalam tubuh memegang faktor penting untuk kesehatan kulit. Memakai pelembab takkan cukup untuk menjaga kesehatan kulit tanpa minum air.

Selama berpuasa, disarankan untuk minum air minimal dua gelas setelah buka puasa, empat gelas di antara makan malam hingga tidur dan dua gelas saat sahur. (nan)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.