Connect with us

Digital

Instagram Permudah Cara Membagi Cuplikan Konten IGTV di Feed

Published

on

Instagram telah melakukan pembaruan fitur untuk memudahkan para pengguna dalam menemukan dan membagikan konten IGTV.

Femme.id, Jakarta – Instagram meluncurkan fitur baru untuk menampilkan cuplikan IGTV di Feed sejak Kamis (7/2/2019).

Jika orang yang Anda ikuti mengunggah sebuah video IGTV baru, Anda akan melihat cuplikan video mereka di Feed, sebelum Anda menonton video mereka secara lengkap di IGTV.

Melalui fitur tersebut, Instagram ingin memudahkan pengguna untuk menemukan dan menonton konten video terbaru dari orang yang mereka ikuti, berdasarkan keterangan resmi Instagram dikutip, Jumat (8/2/2019).

Melalui fitur cuplikan IGTV di Feed, para kreator video kini dapat membagikan cuplikan video IGTV dengan durasi satu menit di Feed setelah mereka memposting video IGTV baru.

Selain itu, mereka bisa membagikan cuplikan video IGTV dengan durasi satu menit di profil pribadi setelah mereka memposting video IGTV baru.

Sejak peluncuran IGTV, Instagram berfokus untuk menghubungkan pengguna dengan para kreator dan konten-konten yang mereka sukai, baik dari kreator yang telah mereka ikuti maupun yang belum pernah mereka temukan sebelumnya.

“Instagram telah melakukan pembaruan fitur untuk memudahkan para pengguna dalam menemukan dan membagikan konten IGTV, seperti IGTV di Explore, membagikan video IGTV ke Instagram Stories, menyimpan video IGTV dan memasukkan video IGTV ke dalam website,” demikian keterangan Instagram.

Simak langkah-langkah berikut untuk melihat cuplikan video IGTV :

1. Saat menjelajahi Feed, tekan video yang muncul di Feed Anda untuk menyalakan suara di video tersebut.

2. Apabila Anda ingin melanjutkan menonton videonya secara lengkap, tekan ikon IGTV di sudut kiri bawah layar.

3. Setelah IGTV video selesai, Anda akan secara otomatis kembali ke Feed Anda.

4. Untuk melihat video-video IGTV lainnya, Anda dapat menggeser video yang sedang diputar ke atas dan Instagram akan menampilkan browser IGTV untuk menemukan video-video baru lainnya. (mon)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Digital

Google Duo Tambah Fitur Penghemat Data

Published

on

Fitur penghemat data Google Duo itu diklaim dapat menghemat konsumsi data untuk video sekitar 40 persen.

Femme.id, Jakarta – Google Duo, aplikasi panggilan video buatan Google, menambah serangkaian fitur baru untuk memperkaya layanan di aplikasi tersebut, salah satunya berupa penghemat data atau saving mode.

“Fitur ini dirancang untuk penggunaan di negara seperti Indonesia dan India,” kata Manajer Produk Duo, Humberto Castaneda, melalui sambungan video kepada wartawan di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

Google Duo merupakan aplikasi komunikasi yang dibuat hanya untuk panggilan video. Layanan itu berbeda dengan aplikasi lain seperti WhatsApp dan Line yang memiliki opsi pesan teks, panggilan suara, dan panggilan video.

Google mengutamakan kualitas koneksi dan gambar dalam aplikasi Duo.

Fitur penghemat data di Google Duo dapat diaktifkan dan dimatikan secara manual. Jika aktif, Google secara otomatis akan menurunkan resolusi video, tapi mereka mengklaim tidak mengurangi kualitas video.

Fitur penghemat data Google Duo itu diklaim dapat menghemat konsumsi data untuk video sekitar 40 persen.

Google Duo kini juga memiliki panggilan kelompok (group calling) maksimal berjumlah empat orang dalam satu kali panggilan. Tidak seperti aplikasi lain yang menawarkan lebih banyak anggota saat panggilan kelompok, Google berpendapat para pengguna seringkali melakukan panggilan video hanya dengan orang-orang terdekat.

Pengguna Google Duo di Indonesia, berdasarkan data Google Indonesia, mengaku melakukan video call karena rindu. Mereka menghubungi pasangan (48 persen) dan keluarga (40 persen) melalui panggilan video.

Google berencana menambah anggota group calling menjadi delapan orang pada beberapa bulan mendatang.

Google Duo juga menyediakan opsi untuk mengirim pesan video jika pengguna tidak memiliki banyak waktu untuk mengobrol melalui video call. Pengguna bisa langsung merekam video melalui aplikasi Google Duo, memberi teks atau coretan dalam video tersebut dan mengirim ke kontak yang diinginkan.

Google Duo juga merambah ke panggilan video melalui situs duo.google.com sehingga pengguna memiliki opsi untuk melakukan panggilan video melalui ponsel atau komputer.

Google tidak menyebutkan jumlah pengguna aplikasi panggilan video tersebut di Indonesia. Tapi, menurut data mereka, pengguna Google Duo di Indonesia merupakan yang terbanyak ketiga di dunia, setelah Amerika Serikat dan India. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Digital

Aktivitas di Twitter Naik Selama Ramadan, Ini Topik Terpopulernya

Published

on

Berdasarkan data Twitter, terdapat peningkatan lebih dari 50 persen dalam durasi penggunaan platform tersebut selama Ramadan.

Femme.id, Jakarta – Twitter Indonesia, berdasarkan data mereka tahun lalu, melihat pertambahan aktivitas mencuit di platform mikroblog tersebut selama bulan Ramadan.

“Terdapat 133 juta cuitan tentang Ramadan di Indonesia pada 2018,” kata Country Industry Head Twitter Indonesia and Malaysia, Dwi Ardiansah, kepada media di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Jumlah cuitan saat bulan Ramadan naik dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Umumnya warganet mencuit saat waktu sahur dan frekuensinya terus meningkat hingga waktu berbuka puasa.

Berdasarkan data Twitter, terdapat peningkatan lebih dari 50 persen dalam durasi penggunaan platform tersebut selama Ramadan.

Warganet biasanya mulai ramai membicarakan Ramadan dua minggu sebelum puasa.

“Momen emas di Twitter saat hari pertama Ramadan dan hari pertama Lebaran,” kata dia.

Twitter mencatat terdapat tiga topik terpopuler yang dibicarakan sepanjang bulan Ramadan.

1. Mudik

Perjalanan pulang ke kampung halaman mendapatkan sekitar 3 juta cuitan dari warganet. Mereka menceritakan pengalaman mudik mereka seperti terjebak macet.

Warganet mulai membicarakan mudik mulai dua minggu sebelum Ramadan dan puncaknya sekitar seminggu sebelum Lebaran.

2. Makanan

Menurut analisis Twitter Indonesia, warganet gemar membagikan pengalaman mereka mengenai makanan, misalnya momen berbuka puasa dan reuni dengan teman-teman.

3. Belanja

Ramadan umumnya merupakan masa-masa terbesar konsumen mengeluarkan uang untuk berbelanja. Selama Ramadan, pengguna Twitter antara lain membeli pakaian, tiket pesawat, benda elektronik, ponsel, furnitur dan perhiasan. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Digital

Pelanggan Baru Grab Kini Wajib Verifikasi Wajah Lewat Selfie

Published

on

Fitur-fitur tersebut diharapkan memberikan rasa aman, tidak hanya bagi pengemudi pria tetapi juga pengemudi perempuan termasuk para penumpangnya.

Femme.id, Jakarta – Grab kini mewajibkan pengguna baru untuk melakukan verifikasi wajah lewat selfie alias swafoto sebelum memesan kendaraan untuk pertama kalinya.

Tujuannya, demi menjamin keselamatan dan keamanan baik penumpang dan pengemudi.

“Pengalaman kami menunjukkan pelaku kriminal biasanya beraksi saat pertama kali terdaftar aplikasi Grab. Melalui inovasi verifikasi wajah, kami melindungi pengemudi dari potensi kejahatan,” kata Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi di Jakarta, Senin (22/4/2019).

Neneng menjelaskan teknologi pengenalan wajah berfungsi untuk mencegah para pelaku kejahatan merencanakan aksi kriminal khususnya bagi pengemudi.

Teknologi itu telah diterapkan bagi pengemudi pada pertengahan tahun lalu untuk melindungi pelanggan, katanya lebih lanjut.

Sedangkan bagi pengguna lama, lanjut dia, akun sudah terkoneksi dengan media sosial yang mudah terlacak seperti Facebook dan Instagram.

Neneng mengklaim dengan verifikasi wajah itu, tren kasus kriminal yang melibatkan pengemudi dan penumpang menurun sekitar 45 persen saat masa percobaan pertengahan Januari-April 2019.

Telepon gratis

Selain verifikasi wajah, Grab juga mengenalkan inovasi baru dalam aplikasinya yakni telepon gratis.

Ia menjelaskan, fitur tak berbayar itu akan memberikan kemudahan berkomunikasi setelah pemesanan, sekaligus menjaga keamanan dan privasi.

Ia mengklaim selama masa percobaan sejak Desember 2018 hingga Maret 2019 kepada sekitar 50 persen pengguna, fitur itu tidak hanya melindungi pelanggan tapi juga ikut menurunkan kasus persekusi verbal sekitar 64 persen melalui telepon (di luar aplikasi) atau “chat”.

Kedua inovasi baru itu yakni verifikasi wajah dan telepon gratis, kata dia, akan memperkuat fitur keamanan yang sudah lebih dulu ada di antaranya penyamaran nomor telepon pemanggil, tombol darurat, fitur bagikan lokasi perjalanan dan kamera keamanan khususnya bagi armada “Grab Car”.

Fitur-fitur tersebut diharapkan memberikan rasa aman, tidak hanya bagi pengemudi pria tetapi juga pengemudi perempuan termasuk para penumpangnya.

Neneng mengungkapkan hingga saat ini Grab memiliki cukup banyak pengemudi perempuan yang diperkirakan jumlahnya mencapai lebih dari 1.000 orang di seluruh Indonesia.

Selain menghadirkan inovasi melalui teknologi, para pengemudi perempuan tersebut juga dibekali pelatihan beladiri sebagai bentuk pertahanan dalam kondisi mendesak.

Hadirnya beragam fitur keamanan itu mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komnas Perempuan Budi Wahyuni khususnya bagi pengemudi dan penumpang perempuan yang rentan kekerasan dan pelecehan.

“Kami ingin memastikan kehadiran korporasi itu ada dalam mekanisme penghapusan kekerasan terhadap perempuan,” kata Budi Wahyuni. (hep)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.