Connect with us

Health

Tips agar Berat Badan Tak Melonjak Usai Imlek

Published

on

Jeruk Mandarin, ini mengandung serat vitamin C untuk membuat Anda kenyang lebih lama.

Femme.id, Jakarta – Ada banyak makanan yang biasanya tersaji saat perayaan Imlek seperti kue tar nanas, bak kwa, kue kacang, kueh lapis hingga yu sheng dan nian gao.

Tak sedikit orang lupa menakar asupan makanannya sehingga berat badan bertambah setelah Imlek.

Sebanyak 500 kkal makanan (setara dengan 1,5 iris bak kwa, atau enam tar nanas) per hari dapat menyebabkan berat badan naik setengah hingga satu kilogram dalam seminggu.

Artinya, setelah periode perayaan 15 hari, Anda bisa jadi dua kilogram lebih berat.

Berikut, terdapat delapan cara agar Anda tetap sehat usai merayakan tahun baru Imlek ini seperti dilansir dari Channel News Asia, yang dikutip Selasa (5/2/2019).

1. Makanlah beberapa buah sebelum ngemil

Jeruk Mandarin bisa menjadi pilihan sebelum Anda menikmati tart nanas. Buah ini mengandung serat vitamin C untuk membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mungkin akan mengurangi asupan makanan ringan yang sarat gula.

2. Tetapkan batasan Anda sendiri

Diet terbaik adalah yang direncanakan. Jadi ingatlah berapa banyak asupan makanan Anda. Cobalah untuk tidak makan lebih dari lima potong camilan per kunjungan.

Gunakan piring kecil atau mangkuk untuk berbagi makanan pada kerabat dan cobalah untuk tidak makan makanan yang sama dua kali.

Memilih piring yang lebih kecil membantu Anda makan lebih sedikit karena jumlah makanan yang sama terlihat lebih besar di piring yang lebih kecil.

Sebagai tuan rumah, memotong bak kwa menjadi potongan-potongan kecil akan membantu semua orang ngemil dengan lebih moderat.

3. Makan perlahan

Makan perlahan memastikan Anda tidak makan berlebihan. Plus, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk bertemu dengan kerabat yang hanya dapat Anda temui setahun sekali.

4. Hindari berkunjung ke rumah kerabat dengan perut kosong

Cara ini akan membantu Anda menghindari kudapan dan kue kering berkalori tinggi. Makan makanan ringan seperti roti gandum utuh dengan segelas susu atau yoghurt dengan buah segar, sebelum Anda pergi untuk berkunjung ke rumah kerabat.

5. Minum secara bijak

Jika Anda pikir Anda bisa mengurangi berat badan dengan minum daripada mengemil saat berkunjung ke rumah, pikirkan lagi. Minuman 250 ml dengan pemanis mengandung sebanyak 5,5 sendok teh gula, setengah dari batas asupan gula yang direkomendasikan ahli kesehatan.

Pilih minuman rendah gula yang mengandung setidaknya 25 persen lebih sedikit gula daripada minuman manis biasa lainnya, atau gunakan teh hijau bebas gula dan teh oolong. Lebih baik lagi, air putih.

6. Hitung kalori Anda

Fokus pada kualitas, bukan kuantitas. Daripada mencicipi semua hidangan di meja makan, pilih tiga hingga lima favorit Anda, atau sesuatu yang tidak bisa Anda makan setiap hari. Ambil porsi yang lebih kecil karena makanan seperti tart lebih banyak kalori daripada biasanya.

7. Gunakan bahan-bahan alami untuk membumbui hidangan Anda

Sebagai tuan rumah, menyajikan makanan yang lebih bergizi tidak berarti hal sulit. Tambahkan bumbu dengan rempah-rempah, jus lemon atau buah-buahan, tanpa atau tambahkan sedikit gula atau garam. Misalnya, jika Anda membuat kue tar nanas, gunakan buah segar untuk rasa lebih banyak dan lebih sedikit kalori.

8. Siapkan makanan dengan cara memasak yang lebih sehat

Gunakan lebih sedikit minyak untuk mengurangi konsumsi kalori. Gantilah makanan olahan seperti stik daging, bakso dan sosis dengan bahan-bahan segar seperti ikan, jamur, dan sayuran.

Alih-alih menggunakan kaldu sup siap saji yang dapat mengandung natrium dalam jumlah tinggi, persiapkan kaldu Anda sendiri dengan merebus tanpa daging, daging ayam tanpa lemak dengan kol putih, wortel dan jagung. (lws)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Health

Teh Chamomile Efektif Bantu Tidur, Benarkah?

Published

on

Tidak ada bukti konklusif bahwa teh chamomile membantu seseorang dengan kondisi insomnia kronis.

Femme.id, Jakarta – Teh chamomile diklaim sejumlah pihak dapat membantu seseorang untuk dapat tidur malam dengan cepat jika diminum jelang waktu istirahat.

Namun, benarkah teh chamomile punya kemampuan seampuh itu? Para peneliti masih terus mempelajari kebenaran klaim tersebut.

“Sangat sedikit penelitian yang menganalisis efek teh chamomile. Untuk insomnia, ada sedikit manfaat,” kata seorang pengajar di Harvard Medical School Erik Zhou seperti dilansir Medical Daily dikutip Selasa (20/8/2019).

Sebuah studi pada 2011, menurut Zhou, menunjukkan tidak ada bukti konklusif bahwa teh chamomile membantu seseorang dengan kondisi insomnia kronis.

Sementara itu, penelitian yang dilakukan pada 2016 menunjukkan para ibu yang baru melahirkan dapat tidur lebih baik setelah minum teh itu selama dua minggu.

Para ibu itu juga mengalami lebih sedikit gejala depresi dibanding ibu-ibu yang tidak meminumnya.

Lalu, studi pada 2017 juga memperlihatkan hasil serupa, bahwa orang tua yang minum teh chamomile tidur lebih baik.

Para peneliti lantas tidak dapat membuat kesimpulan pasti tentang efek teh chamomile karena hasil-hasil studi yang kontras itu.

Begitupula, tidak ada konklusi yang menunjukkan bahwa minum teh itu berbahaya bagi tubuh. Para peneliti lantas sangat mendorong orang-orang untuk meminumnya, terutama jika memberikan efek plasebo. (hep)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Health

Lima Manfaat Selada Romaine, Lawan Kanker Hingga Lindungi Tulang

Published

on

Romaine atau cos selada, adalah berbagai selada yang tumbuh di kepala tinggi daun hijau gelap yang kokoh.

Femme.id, Jakarta – Lactuca sativa atau yang dikenal dengan selada romaine, sering dijumpai dalam berbagai hidangan salad. Meski tidak tergolong sebagai super food, selada yang renyah itu, mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, termasuk melawan kanker dan melindungi tulang.

Selada romaine juga sumber vitamin, baik A dan C yang dibutuhkan tubuh, demikian pendapat Dr. Josh Axe.

Berikut ini lima manfaat kesehatan dari selada romaine, seperti dilansir Medical Daily.

Melawan kanker

Percaya atau tidak, selada romaine juga merupakan salah satu sayuran yang mampu melawan sel kanker.

Sebuah studi menunjukkan bahwa pigmen klorofil dalam sayuran berdaun hijau seperti selada romaine mampu mengurangi risiko kanker hati dan usus besar.

Mencegah masalah penglihatan

Kandungan vitamin A, vitamin C, karotenoid, dan zeaxanthin dalam selada romaine membantu melindungi mata dari gangguan.

Melindungi tulang

Sayuran berdaun hijau seperti selada romaine adalah sumber vitamin K yang sangat baik untuk membangun tulang.

Vitamin K2 yang terkandung di dalamnya juga dikenal dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis.

Mencegah tanda penuaan

Selain vitamin A dan C, sayuran ini juga mengandung kalium dan vitamin B yang bermanfaat meningkatkan kesehatan kulit dan melindungi dari tanda-tanda penuaan.

Vitamin C berperan besar karena membantu membangun kolagen, protein struktural dan diperlukan agar kulit kencang dan sehat.

Menurunkan berat badan

Selada yang menjadi bahan utama untuk salad ini, dikenal sebagai makanan diet untuk menurunkan berat badan.

Alasannya, varietas selada ini mampu membuat Anda merasa cepat kenyang, dengan sedikit kandungan karbohidrat dan rendah kalori.

​​​​​​​Dr. Josh Axe telah menulis beberapa buku terkenal dan terlaris, termasuk Eat Dirt, The Real Food Diet Cookbook terbitan Harper New Wave pada Maret 2016. Ia juga meneliti khasiat minyak atsiri, diet ketogenik, dan menjaga keseimbangan kesehatan. (lws)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Health

Dokter : DBD Bisa Dicegah dengan Kesadaran Pola Hidup Bersih

Published

on

Pencegahan DBD bisa dilakukan dengan cara sederhana, melakukan 3M Plus, yakni menutup tempat penyimpanan air, menguras bak mandi.

Femme.id, Jakarta – Penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) bisa dicegah dengan membangun kesadaran diri untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan.

“Pencegahan DBD harus diawali dengan kesadaran diri warga untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk,” kata Shabrina Ghassani Roza, seorang dokter dari Enesis Group, dalam acara sosialisasi pencegahan DBD di Jatinegara, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (18/8/2019).

Shabrina menjelaskan, pencegahan DBD bisa dilakukan dengan cara sederhana, melakukan 3M Plus, yakni menutup tempat penyimpanan air, menguras bak mandi, serta mengubur dan mendaur ulang barang tak terpakai.

Kemudian, plusnya, salah satunya adalah menggunakan lotion tolak nyamuk, atau dengan menanam tanaman pengusir nyamuk, memelihara ikan pemakan jentik, atau tidur menggunakan kelambu.

Bersamaan dengan HUT ke-74 Kemerdekaan Indonesia, Enesis Group yang merupakan produsen lotion penolak nyamuk, menyelenggarakan sosialisasi pencegahan DBD kepada penduduk di sekitar pabriknya di Jatinegara.

Daur ulang sampah

Pada sosialisasi itu selain edukasi mengenai DBD dan cara pencegahannya, Enesis Group juga mengadakan Workshop Daur Ulang Sampah bekerja sama dengan Bank Sampah Induk (BSI) Gesit Menteng.

“Dengan adanya pembinaan dan pelatihan dari Enesis Group, kita dapat memanfaatkan sampah plastik menjadi suatu karya seni sehingga sampah ini tidak lagi menjadi penghambat saluran air yang menjadi penyebab banjir atau merusak lingkungan,” kata pengelola BSI Gesit, Sri Endarwati.

Sampah justru bisa diolah dijadikan barang seni dan bermanfaat, seperti tas, tempat tisu, pot bunga, atau tempat pensil dan lain-lain.

Elkana Lewerissa, publik relation head Enesis Group, dalam siaran pers mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan wujud nyata komitmen Enesis Group untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat luas mengenai bahaya dan pencegahan DBD.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat dapat memanfaatkan sampah plastik agar dapat diolah menjadi barang yang bernilai guna,” tambahnya. (mar)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.