Connect with us

Kuliner

Bosan Makan Ramen? Coba Resep Kakiage Soba

Published

on

Kakiage soba, adalah mie berwarna kecokelatan yang terbuat dari gandum.

Femme.id, Jakarta – Ingin menikmati mie khas dari Negeri Sakura tapi bosan dengan ramen? Coba santap soba, mie berwarna kecokelatan yang terbuat dari gandum.

Masato Tsuki, Chef of Ambassador of the Mission of Japan to Asean, berbagi resep kakiage soba yang bisa dipraktikkan di dapur Anda.

BACA JUGA : Soba Mewarnai Peringatan 45 Tahun Kemitraan Jepang-ASEAN

Kakiage adalah tempura yang berisi potongan sayuran. Dalam hidangan ini, semangkuk mi soba diguyur dengan kuah panas kemudian disajikan dengan tempura kakiage.

Bahan:

Soba kering
Sup untuk soba (versi instan dijual di supermarket)
Udang
Cumi
Bawang bombay
Ubi
Wortel
Jamur shiitake
Gobo
Daun mitsuba (Japanese wild parsley, daun kecil seperti seledri dengan ujung bergerigi)
Jahe
Minyak goreng
Tepung terigu

Cara membuat:

1. Kupas kulit udang, bersihkan bagian punggung. Potong memanjang 1 cm. Cuci dengan air garam, keringkan dengan kertas tisu.

2. Bersihkan cumi, kupas kulitnya dan potong seukuran 1×3 cm.

3. Cuci gobo dan ubi, kerat bagian yang tidak diinginkan, keringkan. Iris semua sayuran (bawang bombay, ubi, wortel, jamur, gobo) sepanjang 3 cm. Potong daun mitsuba sepanjang 2 cm. Iris jahe tipis dan pendek.

4. Campur semua bahan yang telah dipotong dengan tepung terigu, aduk rata. Tambah air sesuai takaran yang tertulis pada kemasan (setiap produk punya perbandingan takaran tepung terigu dan air yang berbeda).

5. Panaskan minyak goreng hingga 170 derajat celcius. Masukkan satu centong adonan ke dalam minyak, goreng selama 30 detik. Balik dan goreng sisi lainnya selama 1-1,5 menit. Tiriskan.

6. Masukkan soba ke air mendidih dan rebus sesuai panduan yang tertulis pada kemasan soba. Sesekali aduk perlahan agar soba tidak saling menempel. Setelah matang, angkat, tiriskan dan bilas dengan air dingin untuk menghilangkan sisa pati pada soba.

7. Tuang sup soba ke dalam panci, tambahkan air, panaskan hingga hampir mendidih.

6. Untuk menyajikan soba panas, tuang air panas untuk menghangatkan soba, lalu tiriskan. Masukkan soba ke mangkuk, tuang supnya. Letakkan kakiage di atas soba, tambah topping sesuai selera, seperti taburan daun bawang, cabe bubuk, telur, tempura atau bakwan jagung. (nan)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kuliner

Sensasi Hamburger Ala Negeri Sakura

Published

on

Pengunjung dapat memilih salah satu dari variasi saus yang disediakan, sausnya akan dituang ke wadah panas yang langsung berasap.

Femme.id, Jakarta – Penyuka daging hamburg yang terkenal di Negeri Sakura bisa menikmati kelezatan potongan daging sapi cincang yang gurih dan lembut di gerai internasional pertama restoran Ishigamaya di Jakarta.

Outlet ini pertama kali dibuka di Jepang pada 2010 dengan jumlah cabang yang terus bertambah, kata Shota Kidokoro, Presiden PT Kichiri Rizki Abadi.

Menu hamburg Jepang di restoran ini dengan hamburger yang biasa dikenal dari restoran cepat saji yang banyak tersebar di Indonesia.

Dagingnya tidak diapit dengan dua lapis roti lengkap dengan sayur dan acar, tetapi disajikan dengan potongan jagung, pasta, nasi Jepang yang pulen atau roti serta salad.

“Daging sapinya impor dan segar, kami giling sendiri, lalu diolah dengan cermat dengan bumbu orisinal dan sayuran segar, membuat hamburg ini jadi terasa enak,” kata chef Yukihito Sakase di pembukaan “Ishigamaya” di Plaza Indonesia, Selasa (12/2/2019).

Bagian depan restorannya dilapisi kaca transparan, memperlihatkan kesibukan para chef di dapur yang mengolah hamburg dari masih mentah hingga siap dinikmati.

Pengunjung bisa melihat daging yang sedang digiling, kemudian dibentuk menjadi bulat, lalu dipanggang menggunakan oven khusus.

Ovennya dibuat dari batu khusus dengan temperatur tinggi yang membuat bagian luar hamburg terasa renyah, tapi bagian dalamnya lembut dan juicy berkat efek sinar inframerah dari oven batu.

Untuk menambah cita rasa, pengunjung dapat memilih salah satu dari variasi saus yang disediakan. Sausnya akan dituang ke wadah panas yang langsung berasap.

Agar lebih sesuai dengan lidah orang Indonesia yang relatif suka dengan bumbu kuat, chef yang pernah membuka tiga restoran berstatus Michelin star ini menyediakan empat saus tambahan di luar saus original.

Ada saus teriyaki yang manis, saus krim keju yang gurih, saus Napolitan yang berbahan dasar tomat serta saus istimewa sang koki yang terdiri dari krim butter dengan bawang putih dan rempah.

Selain menu khas Ishigamaya yang terdiri dari daging hamburg lengkap dengan pasta, potongan jagung manis, buncis serta salad, Anda juga dapat menikmati hamburg dengan saus Napolitan, nasi omelet hamburg hingga hamburg gratin yang kisaran harganya mulai dari Rp138.000. (nan)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Kuliner

Makanan Imlek Pembawa Rezeki

Published

on

Jeruk dianggap sebagai buah yang bisa tumbuh subuh sepanjang tahun, diharapkan keberuntungan juga ada sepanjang waktu.

Femme.id, Jakarta – Imlek tak lepas dari sajian yang lezat tapi penuh filosofi. Tidak cuma mengenyangkan perut, makanan-makanan yang wajib disajikan saat Imlek adalah simbol keberuntungan yang diharap bakal mewarnai hidup sepanjang tahun.

Berikut ini di antaranya :

Jeruk

Buah jeruk dalam bahasa Mandarin punya arti keberuntungan atau kebahagiaan. Jeruk dianggap sebagai buah yang bisa tumbuh subuh sepanjang tahun, diharapkan keberuntungan juga ada sepanjang waktu.

Tuan rumah yang kediamannya dikunjungi saat Imlek biasanya menyiapkan jeruk untuk diberikan pada para tamu.

Jumlah yang diberikan lebih dari satu buah, dengan harapan keberuntungan dan kebahagiaan akan berlipat ganda.

Ikan Bandeng

Makan ikan bandeng butuh kesabaran tinggi karena hidangan tersebut memiliki banyak duri. Orang yang memakan ikan bandeng dipercaya akan bisa melewati berbagai rintangan hidup selama setahun. Hidangan khas di kalangan Tionghoa di Indonesia ini juga jadi simbol keberuntungan.

Kue Keranjang

Kue ini punya tekstur lengket serupa dengan dodol, dipercaya bisa membuat rezeki tetap lengket dan menempel sepanjang tahun. Tekstur lengket ini juga diharapkan bisa mendekatkan hubungan antar manusia.

Mi

Makanan ini wajib disantap saat Imlek karena bentuknya yang panjang dianggap sebagai pembawa rezeki tak terputus. Mi adalah simbol panjang umur, kebahagiaan dan rezeki melimpah ruah.

Yee Shang

Sayuran warna-warni melambangkan keberuntungan. Salad khas Imlek ini dimakan beramai-ramai karena porsinya besar. Orang-orang dalam satu meja biasanya mengambil dan mengaduk sayur-sayur itu secara berbarengan.

Proses mengaduknya unik, tiap orang mengangkatnya tinggi-tinggi dengan sumpit sebelum akhirnya disantap. Dipercaya semakin tinggi diangkat, harapan yang bisa terkabul pun semakin tinggi.

Kue Mangkok

Kue yang bentuknya merekah ini jadi harapan agar rezeki sepanjang tahun juga terus mekar.

Kue lapis

Sesuai namanya, kue ini terdiri dari bahan yang berlapis-lapis, menyimpan harapan agar berkah yang datang juga bakal berlapis-lapis. (nan)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Kuliner

Go Food Festival Dukung Pengurangan Plastik

Published

on

Gojek akan memberikan program khusus berupa promo secara gratis pada aplikasi, sehingga produk makanannya dikenal oleh pengguna.

Femme.id, Denpasar – Ajang Go Food Festival mendukung Program Pemerintah Kota Denpasar, Bali dalam pengurangan penggunaan plastik dengan cara 3R (reduce, recycle, dan reinvest/ mengurangi, mendaur ulang atau mengelola).

“Upaya 3R tersebut dilakukan terutama dalam pengiriman pesanan makanan dan minuman,” kata Head District Gojek Bali Leo Wibisono pada acara pembukaan “Go Food Festival” di Denpasar, Kamis (31/1/2019).

Ia mengatakan pihaknya sangat mendukung Perwali Denpasar Nomor 36 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik. Dengan demikian pihaknya juga telah mensosialisasikan kepada pedagang untuk memperhatikan aturan tersebut.

“Kami sudah menyosialisasikan peraturan tersebut. Kami pun juga memotivasi para mitra pedagang dalam meningkatkan pemakaian wadah dan peralatan makanan serta minuman yang berbahan ramah lingkungan,” ujarnya.

Leo lebih lanjut mengatakan, bagi pedagang yang giat menggunakan bahan ramah lingkungan, Gojek akan memberikan program khusus berupa promo secara gratis pada aplikasi, sehingga produk makanannya dikenal oleh pengguna.

“Untuk daur ulang, kami mendaur ulang limbah-limbah materi promosi seperti spanduk untuk diproduksi kembali menjadi kantong pengantaran makanan ramah lingkungan dengan bekerja sama dengan penghasil lokal,” ucapnya.

Leo mengatakan dalam kurun waktu kurang dari sebulan, pihaknya telah mendaur ulang sekitar 200 kantong ramah lingkungan.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam Pemkot Denpasar Made Saryawan menekankan semua perusahaan bersama-sama mentaati aturan Perwali tersebut.

“Saya berharap kepada semua pihak mentaati aturan tersebut. Langkah tersebut dalam upaya menjaga lingkungan agar tetap bersih. Sehingga ke depannya Denpasar khususnya dan umumnya Bali bebas dari sampah plastik,” katanya. (iks)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.