Connect with us

Kuliner

Lima Jajanan Wajib Jika Berkunjung ke Hong Kong

Published

on

Dim sum, adalah istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah "makanan kecil".

Femme.id, Jakarta – Hong Kong adalah salah satu tujuan berwisata kuliner untuk para pelancong yang gemar mencicipi makanan lezat. Ada banyak pilihan yang bisa ditemui di kawasan tersebut. Simak lima jajanan wajib coba yang bisa menginspirasi perjalanan Anda ke Hong Kong.

BACA JUGA : Wajib Kunjung Buat Pelancong, Lima Tempat Instagrammable di Hong Kong

Dim Sum

Belum afdal bila melewatkan dim sum ketika berada di Hong Kong, baik itu yang dikukus atau digoreng. Hidangan ini biasanya jadi pengganjal perut di antara sarapan dan makan siang.

Ada lebih dari 150 variasi dim sum, beberapa di antaranya adalah lumpia, pangsit goreng, kue lobak sampai ceker ayam yang lembut.

Wisatawan muslim juga bisa menyantap dim sum halal di restoran-restoran tertentu, salah satunya kantin Masjid Ammar and Osman Ramju Sadick Islamic Centre.

Cha Chaan Teng

Cha Chaan Teng adalah hasil perpaduan kebudayaan Asia dan Barat, sebuah kedai teh yang menyajikan ragam makanan. Anda bisa menyantap sarapan, makan siang atau makan malam di Cha Chaan Teng.

Salah satu restoran yang direkomendasikan adalah Mido Cafe, kafe lawas yang berdiri sejak 1950 dan jadi lokasi pengambilan gambar film-film Hong Kong. Apa pun makanan yang diinginkan, jangan lupa pesan juga es kacang merah yang lezat.

Pineapple Bun

Sering juga disebut Bo Lor Bao, pineapple bun ini biasa disantap pada pagi hari atau camilan petang yang dinikmati sambil menyesap secangkir teh. Meski namanya mengandung unsur nanas, sebenarnya camilan ini tidak mengandung buah itu. Namnaya terinspirasi dari lapisan renyah keemasan yang teksturnya serupa nanas.

Wife Cake

Ada kisah menarik di balik Wife Cake. Dulu, katanya ada seorang perempuan yang menjual diri pada tuan tanah demi membantu mertua membayar tagihan kesehatan. Suami perempuan itu membuat dan menjual Wife Cake yang hasil penjualannya dipakai untuk menebus sang istri. Wife Cake ini memiliki tekstur renyah dengan adonan melon segar dan juga manis.

Egg Tart

Kue kuning berbentuk mangkuk berisi puding telur manis ini tak boleh dilewatkan bila Anda berada di Hong Kong. Egg Tart paling enak ketika disantap saat masih panas, di mana kulit luarnya terasa renyah ditambah aroma mentega yang menggoda indera penciuman. (nan)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Kuliner

Cirebon Pecahkan Rekor Makan Nasi Lengko Terbanyak

Published

on

Sega lengko adalah makanan khas masyarakat pantai utara. Makanan khas yang sederhana ini sarat akan protein dan serat.

Femme.id, Cirebon – Sebanyak 3.000 lebih warga Kota Cirebon, Jawa Barat, secara bersama-sama memakan nasi lengko dalam rangka pemecahan Original Rekor Indonesia (ORI).

“Kita berupaya melakukan pemecahan rekor ORI yaitu makan nasi lengko dan ini merupakan nasi khas Cirebon,” kata Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Jawa Barat, Asep Dedi di Cirebon, Sabtu (15/9/2018).

Pemecahan rekor makan nasi lengko terbanyak tersebut kata Asep, diiukuti lebih dari 3.000 orang yang berkumpul di sepanjang jalan Siliwangi, Kota Cirebon.

Dia mengatakan pemecahan rekor tersebut merupakan upaya Pemerintah Kota Cirebon dalam rangka mengenalkan nasi lengko yang merupakan nasi khas kota udang itu.

“Dipilihnya nasi lengko, yaitu untuk lebih memperkenalkan lagi makanan khas kepada masyarakat luas, karena di Cirebon bukan hanya ada empal gentong, nasi jamblang dan tahu gejrot, tapi juga ada nasi lengko yang enak,” ujarnya.

Sementara itu Presiden ORI, Agung Elvianto berharap pemecahan rekor makan nasi lengko dengan peserta terbanyak ini bisa membawa nasi lengko menjadi ikon kuliner khas Indonesia.

“Jadi bukan hanya kuliner dari Cirebon saja, tapi bisa menjadi kuliner nasional,” kata Agung.

Menurut dia jika sudah menjadi ikon kuliner Indonesia, maka bisa disajikan di berbagai acara yang bersifat nasional, bahkan internasional yang diadakan di Indonesia.

“Ini bisa mendorong UMKM kita bergairah dan tentunya bisa memberikan dampak ekonomi yang menjanjikan,” lanjut Agung. (kha)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Kuliner

Mencicipi Teh Telur Minuman Khas Pria Minang

Published

on

Teh telur atau biasa disebut "teh talua", Teh talua dipercaya banyak orang sebagai minuman pembangkit energi.

Femme.id, Padang – Selain masakannya, Tanah Minang juga punya minuman kaya manfaat yang tak kalah nikmat; teh telur atau biasa disebut “teh talua”. Teh talua dipercaya banyak orang sebagai minuman pembangkit energi.

Minuman tradisional khas Sumatera Barat ini terbuat dari campuran gula dan kuning telur yang dikocok hingga berbusa putih disiram dengan air teh kental mendidih. Rasanya kian nikmat dengan campuran krimer kental manis, bubuk coklat dan perasan jeruk nipis.

Bagi yang belum pernah mencoba mungkin akan beranggapan minuman ini amis. Namun, begitu mencoba perpaduan rasa teh dicampur telur akan menciptakan sensasi rasa seperti minuman coklat kelas satu. Dapat dipastikan kekhawatiran akan rasa amis itu sirna begitu mencoba tegukan pertama, karena telah hilang oleh campuran perasan jeruk nipis.

Biasanya, di kedai-kedai mereka membuat teh telur dengan cara mengocok kuning telurnya menggunakan lidi yang telah diikat. Setelah dicampur gula secukupnya dalam waktu tak kurang dari 10 menit adukan tadi akan berubah warna menjadi putih dan penuh busa. Telur yang digunakan pun variatif bisa telur ayam kampung, ayam negeri hingga telur bebek.

Ada juga yang mengocok kuning telur menggunakan alat berbentuk pegas dan yang lebih praktis menggukan mikser mesin pembuat kue sehingga lebih cepat. Setelah itu tinggal menuangkan teh kental mendidih ke dalam gelas.

Teh telur akan terasa nikmat diminum saat masih panas. Tampilannya berwarna coklat kemerahan terdiri dari tiga bagian, pada bagian atas merupakan busa putih yang terasa kesat, manis dan berbuih , di tengah akan terasa sensasi teh kental. Pada bagian bawah terdapat endapan sisa gula yang juga menyisakan rasa manis.

Rahasia kenikmatan teh telur akan diperoleh ketika adukan kuning telur yang pas dan kental, teh kental yang nikmat serta sedikit campuran susu kental manis.

Jika pembuatnya mampu memadukan komposisi masing-masing bahan dengan pas maka rasanya akan selalu terkenang di lidah dan selalu ingin mencoba lagi.

Salah satu kedai teh telur yang selalu ramai dikunjungi pembeli adalah Kedai Mak Etek yang berada di Tanah Sirah Cengkeh tepatnya di Jalan Raya Padang Indarung Kecamatan Lubuk Kilangan.

Warung itu setiap hari menyajikan hingga 300 gelas teh telur dan saat akhir pekan bisa lebih banyak. Teh telur akan dihidangkan dengan di gelas dengan tatakan piring kecil.

Mulai dari pejabat hingga warga biasa menjadikan kedai Mak Etek tempat minum teh talur sembari bercerita berbagai persoalan yang menarik.

Salah seorang pelanggan Joni sengaja datang dari Koto Marapak atau sekitar 10 kilometer dari rumahnya untuk mencicipi teh talua ampek lenggek.

“Rasanya beda dibandingkan tempat lain, tidak terlalu manis dan tidak pahit, pas di lidah,” katanya.

Bagi sebagian warga Sumbar, ada yang menjadikan teh telur sebagai menu rutin setiap pagi sebagai minuman pembangkit energi menunjang aktivitas yang akan dilakukan.

Sementara, bagi masyarakat luar Sumatera Barat yang berkunjung ke provinsi itu dipastikan belum lengkap rasanya jika tak merasakan sensasi nikmat minuman ini. ? Harga teh telur pun terbilang murah dan terjangkau . Dengan merogeh kocek sekitar Rp10.000 seseorang sudah dapat menikmati minuman itu. (ikh)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Kuliner

Kopi Indonesia Mejeng 24 Jam di LA

Published

on

Saat ini Indonesia berada di urutan keenam sebagai negara asal impor kopi di AS, dengan pangsa pasar sebesar 5,05 persen.

Femme.id, Jakarta – Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Los Angeles (LA) menempuh cara baru dalam mempromosikan kopi dan teh Indonesia di Amerika Serikat (AS) yaitu dengan kegiatan 24 hours free Indonesian Coffee & Tea Bar.

Kegiatan ini merupakan bagian dari ajang Explore Indonesia yang digelar di Konsulat Jenderal RI LA, California, Amerika Serikat.

“Momentum ini menjadi kesempatan pemasaran secara tidak langsung kepada publik AS. Selain itu, kita bisa memperkenalkan keunikan kopi dan teh Indonesia,” ungkap Kepala ITPC LA Antonius Budiman melalui keterangannya diterima di Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Antonius menjelaskan, pada kegiatan kali ini ITPC LA menyertakan waralaba kedai kopi terkenal asal AS.

Keikutsertaan waralaba kedai kopi tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan publik bahwa kedai kopi terkenal AS menggunakan kopi Indonesia sebagai komposisi campuran utama, seperti Komodo Dragon Blend, Bali Blue Moon, dan Sumatra.

Selain itu, kedai kopi tersebut juga menampilkan kopi unggulan Indonesia seperti Tanamera dan Javanero.

“Hal ini menimbulkan rasa keingintahuan terhadap kopi dari berbagai kawasan penghasil kopi di Indonesia,” tandasnya.

Selain kopi, ITPC LA juga mempromosikan dua merek teh siap minum, yaitu Teh Kotak dan Teh Botol Sosro. Selain minuman, pada kegiatan ini disuguhkan makanan ringan seperti gerry cheese crackers.

“Antusiasme pengunjung pada acara ini sangat tinggi sehingga antrian untuk mendapatkan sampel kopi, teh, dan kudapan tidak pernah sepi,” imbuh Antonius.

Explore Indonesia merupakan ajang tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat di California, AS.

Kegiatan yang mengangkat tema Celebrate Our Oceans ini merupakan sinergi antara KJRI LA, ITPC LA, serta Indonesian Women Alliance (IWA).

Pada ajang ini, barang dagangan Indonesia yang ditampilkan antara lain produk tas, dompet, dekorasi rumah, fesyen, makanan dan minuman olahan, serta berbagai masakan dan jajanan pasar khas Indonesia.

AS merupakan pasar potensial bagi eksportir kopi dan teh dari seluruh dunia. Berdasarkan data Kementerian Pertanian AS (USDA) pada tahun 2018, tingkat konsumsi kopi masyarakat AS diprediksi mencapai 1,55 juta ton.

Menurut data tersebut, AS berada di peringkat kedua dunia setelah Uni Eropa untuk tingkat importasi kopi. Pada 2016 nilai impor kopi AS sebesar 5,6 miliar dolar AS.

Angka tersebut naik 10 persen menjadi 6,1 miliar dolar AS pada 2017.

Saat ini Indonesia berada di urutan keenam sebagai negara asal impor kopi di AS, dengan pangsa pasar sebesar 5,05 persen.

Pada tahun 2017 nilai impor kopi AS asal Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,63 persen atau sebesar 312 juta dolar AS dari sebelumnya sebesar 304 juta dolar AS pada 2016.

“Peningkatan ekspor kopi ke AS sangat prospektif mengingat Brasil dan Peru yang merupakan eksportir kopi utama mengalami penurunan ekspor ke AS pada periode yang sama,” jelas Antonius.

Sementara itu untuk produk teh, AS merupakan negara dengan nilai importasi ketiga terbesar di dunia, dengan nilai 467 juta dolar AS pada 2017.

Sebanyak 23 persen dari total populasi AS merupakan peminum teh rutin setiap harinya, dengan tingkat pertumbuhan sebesar 5,5 persen atau sebesar 2,4 juta orang per tahun.

Peningkatan konsumsi teh diyakini sejalan dengan tren gaya hidup masyarakat AS terutama kalangan milenial yang peduli dengan kesehatan.

Impor teh AS asal Indonesia berada di peringkat ke-13 dengan nilai sebesar 7,2 juta dolar AS.

Adapun varian teh yang paling diminati masyarakat AS adalah teh hitam (80 persen), diikuti teh hijau (16 persen), dan sisanya adalah varian oolong, teh putih, dan teh pekat. (spg)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.