Connect with us

Digital

CEO Grab : Mitra Strategis Kunci Pengembangan Bisnis

Published

on

Group CEO & co-founder Grab, Anthony Tan.

Femme.id, Jakarta  – Group CEO & co-founder Grab, Anthony Tan mengungkapkan bahwa menjalin kerja sama dengan mitra yang strategis menjadi kunci bagi perusahaan tersebut dalam mengembangkan bisnis layanannya di Indonesia.

Dalam bincang media di Kantor Pusat Grab, Marina One, Singapura, Rabu (11/7/2018), Anthony mengatakan platform terbuka dengan menjalin sejumlah kemitraan strategis tentunya dapat menarik lebih banyak pelanggan Grab.

BACA JUGA : Grab-Telkomsel Tawarkan Paket Internet Murah

“Strategi yang kami lakukan membuka platform dengan bekerja sama mitra kami untuk menawarkan yang lebih lagi. Hal itu karena pelanggan kami di Indonesia menginginkan lebih,” kata Anthony.

Ia menjelaskan kemitraan layanan e-wallet dengan OVO bertujuan meningkatkan kemudahan pembayaran di berbagai layanan yang disediakan, baik untuk transportasi, pengiriman makanan dan paket bahkan belanjaan.

Menurut dia, OVO sebagai layanan pembayaran mobil terdepan di Indonesia telah memiliki banyak jejaring di berbagai kota besar, antara lain Jakarta, Surabaya dan Medan.

Selain itu, akuisisi terhadap Kudo, layanan pembayaran transaksi belanja yang menghubungan online dan offline (O2O), ini juga turut menjadi kunci kesuksesan Grab di tengah persaingan dengan perusahaan aplikasi sejenis.

Anthony menyebutkan setelah akuisisi tersebut, langkah pengembangan bisnis pun berhasil hingga bisa menarik sekitar 500.000 pengemudi, mengingat jejaring Kudo yang juga tersebar di Indonesia.

“Jika bukan karena Kudo, kami tidak mungkin tumbuh secepat itu di Indonesia, dari 20 kota kemudian akhirnya lebih dari 100 kota. Kudo merupakan bentuk kesuksesan kemitraan strategis,” kata dia.

Ia menambahkan layanan yang baru diluncurkan pada Selasa (10/7/2018), yakni GrabFresh, yang merupakan kemitraan Grab HappyFresh, penyedia layanan pengiriman barang belanjaan terdepan di kawasan Asia Tenggara.

Anthony menyadari bahwa Grab sebagai perusahaan penyedia beragam layanan berbasis aplikasi, ini memang tidak ingin menjadi yang terbaik di semua layanan, namun perusahaan lebih mengutamakan mitra terbaik untuk layanan sehari-hari yang dibutuhkan para pelanggannya.

“Kami menyadari bahwa kami tidak mungkin menjadi the best of everything. Oleh karenanya, kami mencari mitra terbaik yang tentunya tidak hanya memiliki banyak jaringan, tetapi juga terdepan di bidangnya,” kata dia. (mdg)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Digital

LINE Luncurkan Fitur “Reply” untuk Balas Pesan Langsung

Published

on

LINE meluncurkan fitur "Reply" yang memungkinkan pengguna untuk mengutip dan menjawab pesan di dalam percakapan secara langsung.

Femme.id, Jakarta – LINE meluncurkan fitur “Reply” yang memungkinkan pengguna untuk mengutip dan menjawab pesan di dalam percakapan secara langsung.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu, LINE menjelaskan bahwa dengan fitur ini pengguna bisa membalas pesan bersamaan dengan pesan aslinya.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu menekan pesan tertentu yang ingin dijawab di dalam percakapan. Setelah itu, pengguna bisa memilih opsi Reply yang muncul di layar.
 
di samping opsi Reply ini, pengguna juga bisa menemukan opsi lain seperti Copy, Keep, Delete, Forward, Note, Announce, dan Capture.

Selain itu, fitur ini tidak hanya tersedia untuk pesan dalam bentuk teks, tetapi juga tersedia untuk pesan berbentuk foto, video, stiker, dan emoji. Sebagai tambahan, pengguna pun bisa memanfaatkan fitur ini terhadap pesannya sendiri melalui proses yang serupa.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna diharapkan melakukan update terhadap aplikasi LINE milik mereka ke versi yang terbaru.

Adapun versi minimal agar bisa menggunakan fitur ini adalah iOS 8.7.0 dan Android 8.10.0.

Tidak hanya untuk perangkat smartphone, fitur ini pun tersedia untuk LINE di PC dan laptop baik Windows atau Mac dengan versi minimal 5.8.0. Tak berbeda jauh, pengguna hanya perlu mengklik kanan pesan tertentu yang ingin dijawab. (ari)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Digital

Instagram Siapkan Fitur Hapus Pengikut

Published

on

Fitur bisu tidak bersifat permanen, kunjungi profil akun yang dibisukan lalu cari opsi untuk mematikan fitur tersebut.

Femme.id, Jakarta – Pengguna Instagram dengan akun publik tidak bisa mengontrol siapa saja yang mampir untuk melihat konten mereka, meski pun ada orang tertentu yang ingin dihindari.

Biasanya, mereka akan memblokir akun yang tidak disukai tersebut agar tidak bisa lagi berinteraksi, namun, akun tersebut masih bisa melihat melalui website.

BACA JUGA : Instagram Mulai Uji Fitur Permintaan Verifikasi

Instagram dikabarkan akan mengizinkan akun publik menghapus pengikut mereka, sebuah fitur yang semula hanya ada di akun privat, seperti dikabarkan laman The Verge.

Akun yang dihapus tidak akan mendapat pemberitahuan. Instagram menolak berkomentar mengenai kabar ini.

Beberapa bulan lalu, Instagram memberikan fitur bisu atau “mute” untuk tidak lagi melihat konten unggahan teman yang tidak ingin dilihat.

Jika Anda membisukan sebuah akun, Anda tidak akan lagi melihat unggahan darinya di laman utama Feed secara permanen, namun, orang tersebut masih dapat melihat unggahan Anda di Feed.

Fitur bisu tidak bersifat permanen, kunjungi profil akun yang dibisukan lalu cari opsi untuk mematikan fitur tersebut. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Digital

Nostalgia Pengguna Yahoo Messenger

Published

on

Yahoo resmi menutup layanan mengobrol yang sudah ada sejak 20 tahun yang lalu, Messenger, per hari ini, Selasa (17/7/2018).

Femme.id, Jakarta – Yahoo resmi menutup layanan mengobrol yang sudah ada sejak 20 tahun yang lalu, Messenger, per hari ini, Selasa (17/7/2018).

Meski pun begitu, layanan Messenger pagi ini masih dapat diakses di Indonesia, salah satunya melalui aplikasi di perangkat Android. Kabar YM, begitu aplikasi ini biasa disebut penggunanya, ditutup menjadi pembicaraan dunia maya, namun, pantauan hingga siang ini di Twitter, tidak menjadi topik utama di Indonesia maupun dunia. India pun demikian, penutupan YM belum menjadi trending topik di sana.

BACA JUGA : Yahoo Messenger Ditutup Mulai Hari Ini

“Dulu, pakai. Sudah lama banget. Sudah nggak ingat fitur-fiturnya,” kata Cahyandaru, seorang karyawan swasta yang sempat akrab dengan layanan mengobrol yang satu ini.

Cahyandaru, 28, memakai Messenger pada 2005-2009 sebagai alternatif berkomunikasi, pada masa itu dia lebih banyak menggunakan SMS.

“Buat chat, tapi, kalau lewat PC (komputer) saja. Jadi, YM sifatnya bukan sebagai alat komunikasi utama, cuma, ya, pas nyambung ke internet saja, nggak perlu menyedot pulsa,” kata dia.

Muhammad Faisal saat usia SMP cukup aktif memakai Messenger untuk mengobrol dengan teman-temannya saat sedang bermain game online. Saat itu, nama pengguna atau YM ID ibarat bertukar pin BBm pada zamannya, atau nomor ponsel dan LINE ID sekarang.

“Dan dulu nama ID-nya alay-alay dan rata-rata nggak pakai nama asli,” Faisal, 24, mengenang.

Tidak seperti Cahyandaru, YM salah satu pilihan utama Faisal untuk berkomunikasi, jika tidak ber-SMS. Begitu era chatting via BBM masuk, Faisal menggunakan YM karena dia tidak memakai ponsel BlackBerry.

“YM jadi pilihan utama karena bisa diakses melalui agregator aplikasi chatting, kayak eBuddy,” kata dia.

Lufthi Anggraeni, 30, relatif lebih muda memakai Yahoo Messenger dibandingkan dua orang sebelumnya, dia mengobrol melalui YM periode 2010-2013, sebagai alternatif telepon dan SMS.

“Biasanya buat ngobrol sama teman kuliah pas sekitar 2010-2011an, 2012-2013an lebih banyak buat ngobrol sama senior di kantor,” kata dia.

Bagi mereka yang memiliki komputer atau laptop serta sambungan internet di atas tahun 2010, Yahoo Messenger sangat membantu untuk mengobrol tanpa khawatir terpotong pulsa. Saat Yahoo Messenger masuk Indonesia, penggunaan ponsel pintar dan internet belum sebesar sekarang sehingga penggunanya lebih banyak mengakses melalui komputer.

Yahoo Messenger kemudian harus menghadapi era media sosial, meski pun tidak menawarkan percakapan jalur pribadi, tetap menjadi alternatif untuk berkomunikasi. Warganet bisa mengobrol melalui Twitter misalnya, dengan konsekuensi dilihat para pengikut atau melalui Direct Message jika ingin lebih privat.

Tapi, para pembuat media sosial tidak berhenti, mereka terus berinovasi agar platform mereka menawarkan sesuatu yang berbeda, seperti Facebook yang memiliki fitur chat sejak awal mereka populer di Indonesia sekitar 2008 lalu.

Perkembangan teknologi semakin pesat, pengguna pun beralih ke berbagai aplikasi pesan yang ditawarkan saat ini mulai dari WhatsApp sampai Telegram. Fitur chat perorangan pun kini tak hanya menjadi hak istimewa Yahoo Messenger, media sosial menawarkan fitur percakapan dengan pengalaman yang kurang lebih sama.

Cahyandaru, Faisal dan Lufthi tidak pernah lagi mengakses Yahoo Messenger setelah mereka aktif menggunakan aplikasi berbagi pesan yang lazim digunakan saat ini.

“Sudah nggak pernah buka sama sekali, sudah lupa nama akunnya,” kata Cahyandaru.

Yahoo memastikan ID pengguna masih dapat digunakan untuk membuka produk lainnya, seperti Mail, setelah Messenger ditutup. (nat)


Untuk kerjasama publikasi, dan media partner, hubungi Whatsapp : 0878-15557788, 0819-5557788. Email : redaksifemme@gmail.com, redaksi@femme.id.

Continue Reading

Trending

Redaksi Femme.id menerima undangan Press Conference, permintaan wawancara eksklusif (atau liputan khusus),
publikasi Press Release, dan dukungan Media Partner, serta kerjasama bisnis lainnya. Redaksi Femme.id juga menerima sumbangan artikel/tulisan dari para penggiat citizen journalist, dan dari pembaca.

Kontak Email :
redaksi@femme.id

WhatsApp / SMS Center :
0878-15557788, 0819-15557788

© Femme.id termasuk salah satu anggota jaringan media siber Femme Entertainment Media (FEM) Group.