Cara Daftar BPJS Online Semudah Daftar Facebook

Avatar photo

- Pewarta

Rabu, 22 Februari 2023 - 17:39 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) adalah lembaga yang bertanggung jawab atas program jaminan sosial di Indonesia.

Program ini memberikan perlindungan terhadap risiko sosial, seperti kesehatan, ketenagakerjaan, dan kecelakaan. BPJS Kesehatan adalah salah satu program BPJS yang menyediakan jaminan kesehatan untuk seluruh warga Indonesia.

Cara Daftar BPJS Secara Online

Pada era digital, pendaftaran BPJS Kesehatan dapat dilakukan secara online. Berikut adalah cara daftar BPJS online.

  1. Siapkan persyaratan Sebelum melakukan pendaftaran BPJS online, pastikan Anda telah menyiapkan persyaratan yang dibutuhkan. Persyaratan utama yang harus Anda miliki adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), jika Anda memiliki NPWP. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan dokumen seperti Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah (jika sudah menikah), dan dokumen lain yang dibutuhkan.
  2. Kunjungi situs resmi BPJS Langkah selanjutnya adalah mengunjungi situs resmi BPJS di alamat https://www.bpjs-kesehatan.go.id/. Setelah itu, pilih menu “Pendaftaran Online” di halaman depan.
  3. Isi data diri Pada halaman pendaftaran, Anda diminta untuk mengisi data diri seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, dan alamat rumah. Pastikan Anda mengisi data dengan benar dan sesuai dengan dokumen yang Anda miliki.
  4. Pilih jenis peserta dan jaminan kesehatan Pada tahap ini, Anda diminta untuk memilih jenis peserta BPJS dan jaminan kesehatan yang diinginkan. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada dua jenis peserta BPJS, yaitu peserta mandiri dan peserta pekerja. Peserta mandiri adalah individu yang memilih untuk mendaftar BPJS Kesehatan secara sukarela tanpa melalui pihak perusahaan. Sementara itu, peserta pekerja adalah individu yang didaftarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja.
  5. Pilih faskes Setelah memilih jenis peserta dan jaminan kesehatan, Anda harus memilih faskes (fasilitas kesehatan) yang diinginkan. Faskes adalah rumah sakit atau klinik yang bekerjasama dengan BPJS untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada peserta BPJS. Anda dapat memilih faskes yang terdekat dengan tempat tinggal Anda.

Metode Pembayaran :

  1. Pilih metode pembayaran Setelah memilih faskes, Anda akan diminta untuk memilih metode pembayaran. Ada dua metode pembayaran yang tersedia, yaitu potong gaji dan mandiri. Jika Anda mendaftar sebagai peserta mandiri, Anda harus membayar iuran secara mandiri melalui bank atau gerai retail yang bekerjasama dengan BPJS.
  2. Verifikasi data Setelah mengisi semua data dan memilih jenis peserta, jaminan kesehatan, faskes, dan metode pembayaran, Anda akan diminta untuk memverifikasi data yang telah Anda isi. pastikan anda memeriksa kembali semua data yang telah diisi untuk memastikan keakuratannya.
  3. Unggah Dokumen setelah memverifikasi data, anda akan diminta untuk mengunggah dokumen seperti KTP, KK, dan surat nikah (jika sudah menikah) sebagai bukti kebenaran data yang telah diisi.
  4. Bayar Iuran Langkah terakhir adalah membayar iuran BPJS. Jika Anda mendaftar sebagai peserta mandiri, Anda harus membayar iuran melalui bank atau gerai retail yang bekerjasama dengan BPJS. Jika Anda mendaftar sebagai peserta pekerja, iuran BPJS akan dipotong dari gaji Anda setiap bulan.

Kesimpulan

Setelah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan nomor peserta BPJS yang dapat digunakan untuk mengakses layanan kesehatan. Pastikan Anda menyimpan nomor peserta dengan baik dan menggunakannya dengan bijak.

Pendaftaran BPJS online memudahkan masyarakat untuk mendapatkan perlindungan jaminan kesehatan. Dengan cara ini, Anda tidak perlu datang ke kantor BPJS atau mengisi formulir secara manual. Selain itu, pendaftaran online juga lebih cepat dan efisien. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mendaftar BPJS Kesehatan dengan mudah dan cepat. Jangan lupa untuk selalu membayar iuran secara tepat waktu agar mendapatkan manfaat jaminan kesehatan yang maksimal.

Berita Terkait

SoulFit, Korean Mega Gym Pertama Telah Hadir di Indonesia
Industri Hospitality di Bali: Kesempatan Karir Terbuka Lebar
Tambah Cuan, Ini 10 Situs Terbaik untuk Mencari Pekerjaan Freelance 2024
Jelajahi Dunia Bisnis melalui ‘Startup Safari’ dengan Co-Founder & CEO HOLEO, Andre Husada
12 Rekomendasi Situs Lowongan Kerja Terbaik
Aji Rizki Mewantara: Revolusi Produktivitas di Aplikasi Notion
Harga Stick Xbox Original Terbaru 2023 di Indonesia
Berikut 8 Jenis Tanaman Kesehatan yang Bermanfaat bagi Kesehatan, Termasuk Sambiloto dan Lidah Mertua
Jasasiaranpers.com dan media online ini mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release untuk institusi, organisasi dan merek/brand produk. Manajemen reputasi juga penting bagi kalangan birokrat, politisi, pengusaha, selebriti dan tokoh publik.

Berita Terkait

Kamis, 18 Juli 2024 - 08:03 WIB

Inilah Kasusnya, Sebelum Gugat Cerai Ternyata Artis Kimberly Ryder Laporkan Suami ke Polres Jakse

Rabu, 17 Juli 2024 - 07:27 WIB

Respons Suami Usai Digugat Cerai oleh Artis Cantik Kimberly Ryder ke Pengadilan Agama Jakarta Pusat

Selasa, 16 Juli 2024 - 15:29 WIB

Soal Dugaan Penggelapan Rp6,9 Miliar, Inilah Alasan Mantan Istri hingga Akhirnya Laporkan Suami BCL ke Polisi

Sabtu, 13 Juli 2024 - 07:16 WIB

Tiko Sebut Tak Ada Hubungannya sama sekali dengan BCL Usai Diperiksa Polisi 10 Jam Terkait Dugaan Penggelapan

Kamis, 30 Mei 2024 - 18:09 WIB

Begini Respons SYL, Saat Dimintai Tolong Penyanyi Nayunda Nabila untuk Bayar Cicilan Apartemen

Jumat, 10 Mei 2024 - 19:04 WIB

Gunakan Adat Sunda, Sepasang Penyanyi Rizky Febian dan Mahalini Raharja Menikah Hari Ini

Jumat, 10 Mei 2024 - 15:31 WIB

Pendiri dan Vokalis Grup musik Orkes Melayu PMR, Jhonny Iskandar Meninggal Dunia Hari Ini

Kamis, 9 Mei 2024 - 10:34 WIB

Artis Teuku Ryan Akui Dirinya Bukan Laki-laki Sempurna, Minta Ijin Ria Ricis untuk Lanjutkan Hidup

Berita Terbaru

SoulFit, mega gym Korea pertama, dengan bangga mengumumkan kehadirannya di Indonesia. (Dok. SoulFit)

LIFESTYLE

SoulFit, Korean Mega Gym Pertama Telah Hadir di Indonesia

Kamis, 18 Jul 2024 - 17:52 WIB